cover
Contact Name
Selly Oktarini
Contact Email
pendidikantariunj01@gmail.com
Phone
+6281238935775
Journal Mail Official
pendidikantariunj01@gmail.com
Editorial Address
Jl Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Tari
ISSN : -     EISSN : 2807887X     DOI : https://doi.org/10.21009/JPT
This Journal is about Creation of Performing Arts or Performing Arts Study as well as the research result of Innovation in Dance and Dance Education
Articles 52 Documents
Olah Tubuh sebagai Stimulus untuk Meningkatkan Kemampuan Melakukan Gerak Tari Anak pada Ekstrakurikuler di SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur Mony Juwita; Rahmida Setiawati; Ida Bagus Ketut Sudiasa
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 01 (2020): Tari dan Pendidikan Tari
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.114

Abstract

Kemampuan gerak tari merupakan bagian dari kegiatan tari yang harus dimiliki oleh siswa dalam pengalaman proses pembelajaran tari. Namun masih banyak siswa yang kemampuan gerak tarinya masih kurang. Olah tubuh merupakan suatu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan gerak tari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak tari peserta didik melalui penerapan olah tubuh pada kelas ekstrakurikuler bagi peserta didik di salah satu SDN Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode tindakan yang dilakuan dalam dua siklus yang meliputi perencanaan (planning), aksi/tindakan (action), observasi (observing), refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan Miles & Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan analisis kuantitaif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa olah tubuh dapat meningkatkan kemampuan gerak tari pada peserta didik berdasarkan unsur wiraga dengan nilai rata-rata 3,87 dan persentase 98,5%, unsur wirama dengan nilai rata-rata 3.1 dan persentase 62%, dan unsur wirasa dengan nilai rata-rata 3.7 dan persentase 74%. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan peerapan kegiatan tari lainnya untuk meningkatkan kemampuan gerak tari siswa, dan juga bisa dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lainnya.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN TARI MENGGUNAKAN METODE COURSE REVIEW HORAY SISWA KELAS VII-F SMP NEGERI 148 JAKARTA Nadya Larasati; Dwi Kusumawardani; Ojang Cahyadi
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 01 (2020): Tari dan Pendidikan Tari
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.115

Abstract

Hasil belajar tari marupakan bagian penting dalam kegiatan pembelajaran tari. Hasil belajar pengetahuan tari siswa menunjukkan sejauh mana pemahaman dan wawasan siswa terhadap pengetahuan tari. Berbagai macam metode pembelajaran yang diterapkan untuk ketercapaian hasil belajar yang maksimal, salah satunya penerapan metode Course Review Horay. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses dan hasil penerapan metode Course Review Horay untuk meningkatan hasil belajar pengetahuan tari siswa kelas VII SMP di Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus memiliki 4 langkah, terdiri dari Perencanaan, Implementasi, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner, tes, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model Miles & Haberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata pada siklus 1 kemampuan kognitif yaitu sebesar 62,78 (55,56%), dan siklus kedua nilai rata-rata sebesar 75,97 (77,78). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa hasil belajar pengetahuan tari dapat meningkat dengan penerapan metode course review horay. Implikasi dari penelitian ini hasil belajar pengetahuan tari dipengaruhi oleh faktor yang lain, sehingga penelitian berikutnya dapat dilanjutkan dengan menggunakan faktor lain yang dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan tari.
PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KELAS XI SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 13 An'nisa Rachmayanti; Dinny Devi Triana; Deden Haerudin
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 01 (2020): Tari dan Pendidikan Tari
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap metode ajar guru dan kemandirian belajar pada hasil belajar Seni Budaya di Kelas 11 Semester 1 SMAN 13 Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling, dengan total sampel 38 siswa yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dalam instrumen penelitian ini mengunakan kuisioner dan evaluasi hasil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat hubungan signifikan yang positif antara persepsi siswa terhadap metode ajar guru dengan hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya sebesar 76.2%, dengan (r) 0.762, 2) Terdapat hubungan signifikan yang positif antara kemandirian belajar dari hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya sebesar 76.3%, dengan (r) 0.763, 3) Terdapat hubungan signifikan yang positif antara persepsi siswa terhadap metode ajar guru dalam kemandirian belajar dalam mata pelajaran Seni Budaya sebesar 75%, dengan (r) 0.750, 4) Terdapat hubungan signifikan yang positif antara persepsi siswa mengenai metode ajar guru dan kemandirian belajar dalam hasil belajar mata pelajaran Seni Budaya sebesar 83.6%. Besarnya Korelasi Koefisien (r) adalah 0.836.
MENUMBUHKAN KREATIVITAS MEMBUAT GERAK TARI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN DI PEMBELAJARAN OLAH TUBUH BAGI SISWA SMK Tia Amanda; Tuteng Suwandi; Ojang Cahyadi
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 01 (2020): Tari dan Pendidikan Tari
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.112

Abstract

This paper describes the results of research to improve students' creativity in making dance movements through the application of an environmental learning model, for class X students in physical exercise learning at SMK Negeri 57 Jakarta. The goal is to increase data on student creativity improvement. This research was conducted using the Classroom Action Research method and took place from September to December 2019, with a cycle of planning, observation, and reflection. Data obtained by observation, interview and questionnaire techniques. The results of this study indicate that creativity in students' dance is 70.83 (63.88%) from the average in the first cycle, and 88.5 (91.66%) from the average in the second cycle.
REPRESENTASI KEPEMIMPINAN PATIH GAJAH MADA DALAM MEMIMPIN PASUKAN BHAYANGKARA MELALUI KARYA TARI “TANDYA” MENGGUNAKAN METHODS of CONSTRUCTION JACQUELINE MARY SMITH-AUTARD Nimas Cahyani Mustika; Rr Yvonne Triyoga Hoesodiningsih; B. Kristiono Soewardjo
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 01 (2020): Tari dan Pendidikan Tari
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.113

Abstract

The purpose of the Dance Works aimed to Representation the Leadership of Patih Gajah Mada in Leading the Bhayangkara force into the form of TANDYA dance works.This dance work entitled "Tandya" which used Methods of Construction 1–8 Jacqueline Mary Smith-Autard in his book entitled Dance Composition (A practical guide to creative success in dancing making); Stimuli for dance, Motif into Composition, Motif into Composition for a group, The dance form, Elements of Construction, Style, Improvisation in the process of composition, Alternative and experimental approaches in dance composition.. The process in manifesting dance works through idea searching, dance stimulation, eksploration, improvisation, formation, evaluation selection and sublety. Dance Works enriches the treasury of the East Javanese style Motifs, which comes from Malang style and Bayuwangi style. motif east javanese traditions which is given variations to the subject of the motion,among others:Tanjak Putra Gagah became developed into Tanjak Pengkor, Ukel is developed into a Ukel ngeruji, Laku Nyiji is developed into Laku Ngawang . ulap-ulap developed into ulap-ulap Naga, Cangkah Paju, and Ngeber Kerep. TANDYA's dance works were performed on Tuesday, 9 July 2019 at the Plaza of the Jakarta State University with the duration of 31:03 minutes.
Karakteristik Pembelajaran Jarak Jauh pada Pembelajaran Tari Betawi (Persepsi Bagi Mahasiswa Tari UNJ) Desi Heriyani; Dinny Devi Triana; Tuteng Suwandi
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 2 (2021): Dance and Dance of Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambil data mengenai karakteristik pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran tari Dasar Betawi, persepsi bagi mahasiswa tari di UNJ. Penelitian ini merupakan penelitian survey deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dengan jumlah penelitian 50 mahasiswa Program Studi Pendidikan Tari angkatan 2020 yang diambil secara acak. Teknik pengambilan data instrumen penelitian menggunakan google formulir untuk mengetahui adanya karakteristik pembelajaran jarak jauh pada pembelajaran Tari Betawi dengan mengukur persepsi pada mahasiswa tersebut. Analisa data yang digunakan untuk menguji keterkaitan antar indikator adalah analisis korelasi Pearson. Hasil yang diperoleh terhadap penelitian menunjukan diketahui adanya karakteristik pembelajaran jarak jauh diukur melalui persepsi mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mata kuliah tari Dasar Betawi Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta memiliki persepsi tinggi terhadap karakteristik pembelajaran jarak jauh, hanya memiliki kekurangan pada pengayaan yang hanya memiliki 57%. Adanya penelitian ini dapat membantu para mahasiswa untuk lebih mengetahui dan memahami karakteristik pembelajaran jarak jauh sebelum memulai pembelajaran tersebut, agar dapat memaksimalkan kemampuan dan sikap diri pada proses pembelajaran yang akan berlangsung.
Penerapan Pembelajaran Tari Berbasis Online Learning Nasya Saskia Aldila; Rahmida Setiawati; Ojang Cahyadi
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 2 (2021): Dance and Dance of Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran tari Sirih Kuning siswa X-UPW di SMK N 27 Jakarta serta mendeskripsikan hasil yang diperoleh siswa setelah melalui pembelajaran tari yang dilakukan berbasis online learning. Metode penelitian berupa deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi pustaka, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman berupa reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan mengecek dan menyocokan data yang telah diperoleh dari wawancara dengan data hasil pengamatan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa pembelajaran tari berbasis online learning dapat berjalan lancar apabila menggunakan platform yang tepat. Siswa terlihat lebih aktif dan antusias selama pembelajaran tari menggunakan platform zoom dan whatsapp. Penggunaan platform ini membantu siswa menjalin interaksi selama kegiatan pembelajaran. Metode demonstrasi membantu siswa untuk lebih memahami materi yang diajarkan, sedangkan metode drill membantu siswa lebih mandiri dalam menyerap materi dengan cara latihan.
Motivasi Belajar Praktik Tari Tradisional dalam Jaringan Miftahus Sangadah; Elindra Yetti; Nursilah
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 2 (2021): Dance and Dance of Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.124

Abstract

Miftahus Sangadah. 2021. Motivasi Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh untuk Mata Kuliah Praktik Tari Tradisional.Skripsi, Pendidikan Tari. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Hasil analisis uji Kolmogorov-Smirnov dari nilai residual 116 mahasiswa 0.767 lebih besar dari α = 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel penelitian yang digunakan berdistribusi normal. Uji korelasi antar lima indikator, menunjukan saling memiliki keterkaitan dengan nilai signifikansi 0.000. Indikator dengan nilai korelasi tertinggi yaitu indikator minat dan ketajaman perhatian dalam belajar dengan indikator mandiri dalam belajar sebesar 0.615**. Indikator dengan nilai korelasi terendah yaitu indikator ulet dalam menghadapi kesulitan dengan indikator berprestasi dalam belajar 0.256**. Pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di Program Studi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta merupakan pembelajaran daring yang dilakukan menggunakan aplikasi pembelajaran maupun jejaring sosial. Pengaruh motivasi belajar dalam pembelajaran jarak jauh pada mata kuliah praktik tari tradisional di Program Studi Pendidikan Tari Universitas Negeri Jakarta pada kategori sedang dengan persentase 40.52%.
Sinema Tari Sebuah Alternatif Solusi Produksi Tari Pada Masa Pandemi Gita Kinanthi Purnama Asri Adinda
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 2 (2021): Dance and Dance of Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.122

Abstract

Dance cinema is a term used as a result of the work of Dance Production students at the STKIP PGRI Banjarmasin Dance Education Study Program during the pandemic. This qualitative research aims to describe the problems that arise in the Dance Production course and describe dance cinema as an alternative solution to dance production during the pandemic. The data were collected using interview, observation, documentation, and literature study techniques and analyzed to produce descriptive data. The results show that the pandemic period is a major problem and affects the learning system, the concept of dance production, and its distribution. Learning is usually done face-to-face and the results are presented in person, during a pandemic both cannot be done. The alternative solution chosen was to produce three dance cinemas with a blended learning process. The dance cinema entitled Tamula Gunung Hantanung, Manyingkai Pangambangan, and Darau Purun (Bersama Purun) is packaged in an online show. Shown live streaming on the YouTube channel Apm Production21 on 5,6, 7 March 2021 at 20.00 WITA. The highest number of dance cinema shows has reached 9000 views. This shows a positive response from the community towards the work. So that the choice of dance cinema as an alternative solution is considered effective and efficient during the pandemic, and can even be followed up in the short and long term.
Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Keyakinan Diri Mahasiswa Dalam Belajar Praktik Tari Gunungsari Gaya Surakarta Alfiah Maulina; Dwi Kusumawardani; Kartika Mutiarasari
Jurnal Pendidikan Tari Vol 1 No 2 (2021): Dance and Dance of Education
Publisher : Program Studi Pendidikan Tari FBS UNJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JPT.123

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kecerdasan emosional dan keyakinan diri pada Mahasiswa dalam Pembelajaran Praktek Tari Gunungsari Gaya Surakarta pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif survei. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Tidak ada hubungan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri dalam pembelajaran latihan tari Gunungsari gaya Surakarta dengan koefisien korelasi sebesar 0,251 dengan derajat korelasi yang rendah; 2) nilai 〖r〗 _square adalah 0,063 atau 6,3%; 3) nilai sig 0,166 > 0,05; 4) nilai t_hitung adalah 1.421 <t tabel 2.042. dapat disimpulkan bahwa variabel (X) kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap kepercayaan diri (Y), karena hanya memberikan signifikansi sebesar 6,3%. Sedangkan sisanya 93,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel kecerdasan emosional. Hasil penelitian ini didapatkan dengan kondisi pembelajaran online saat terjadi pandemi COVID-19, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak.