Jurnal Pendidikan Tari
Vol 3 No 1 (2022): Teknologi Digital dalam Pembelajaran Tari dan Penciptaan Tari

Pengembangan Media Video Virtual Reality Berbasis Camera Go Pro 360º dalam Pembelajaran Tari Lenggang Patah Sembilan di SMA Negeri 113 Jakarta Timur

Belinda Putri Amalya Pranoto (Unknown)
Dinny Devi Triana (Unknown)
Ojang Cahyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengunaan media video virtual reality berbasis camera Go Pro 360º yang digunakan sebagai media pembelajaran tari pada siswa serta untuk membantu instruktur sebagai media pembelajaran baru berbasis camera Go Pro 360° teknologi yang lebih efisien. Penelitian ini merupakan penelitian metode Research & Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah video virtual reality berbasis camera Go Pro 360º dengan menampilkan tarian Lenggang Patah Sembilan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah berdasarkan ahli materi 100% “Layak”; ahli media 42% “Cukup Layak”, 42% “Layak”, dan 27% “Sangat Layak; ahli pembelajaran 34% “Layak”, 66% “Sangat Layak”; dan hasil dari pengguna media (siswa) 50% “Layak”, 50% “Sangat Layak”. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu video virtual reality berbasis camera Go Pro 360º layak untuk dijadikan media pembalajaran dalam pelajaran Seni Tari, dan dapat memudahkan instrukstur dalam memberikan proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

This Journal is about Creation of Performing Arts or Performing Arts Study as well as the research result of Innovation in Dance and Dance ...