Jurnal Pendidikan Tari
Vol 3 No 1 (2022): Teknologi Digital dalam Pembelajaran Tari dan Penciptaan Tari

Hubungan Pengendalian Diri dan Kebiasaan Belajar Melalui Youtube Terhadap Kemampuan Menari Tari Kreasi Kembang Jatoh pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kembangan Utara 08 Petang

Ajeng Kirana Meitania (Unknown)
Dinny Devi Triana (Universitas Negeri Jakarta)
Rahmida Setiawati (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Perkembangan teknologi dapat memberikan dampak terhadap penggunaan internet pada seseorang, maka perlu adanya pengendalian diri dalam belajar dan kebiasaan belajar yang diterapkan secara berulang. Apabila seorang individu memiliki kontrol diri yang baik, maka individu tersebut dapat menggunakan teknologi dengan bijak. Begitupun dengan kebiasaan belajar, jika siswa menerapkan kebiasaaan belajar yang baik dan efektif maka kebiasaan tersebut akan terjadi secara berulang atas inisiatif pribadi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan siswa kelas IV yang sedang menempuh mata pelajaran seni budaya dengan materi tari kreasi kembang jatoh sebanyak 60 siswa. Pengambilan sampel penelitian ini secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif korelasional. Pengumpulan data menggunakan angket yang berisi pernyataan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan sebesar 52,1% antara pengendalian diri dan kebiasaan belajar melalui YouTube terhadap kemampuan menari tari kreasi kembang jatoh pada siswa kelas IV SDN Kembangan Utara 08 Petang, hal ini dikarenakan adanya beberapa variabel lain yang mengganggu sehingga mempengaruhi hasil korelasi tersebut antara lain atensi dan empati dalam diri seseorang, usaha yang lebih dalam mengendalikan diri sehingga membentuk kebiasaan belajar yang baik, peran orang tua dalam pembentukan pengendalian belajar sehingga menghasilkan kebiasaan belajar yang baik, siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

This Journal is about Creation of Performing Arts or Performing Arts Study as well as the research result of Innovation in Dance and Dance ...