Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 6, No 1 (2022)

PENERAPAN PRE DAN POST CONFERENCE DI RUANG RAWAT INAP : SUATU STUDI KASUS

Zaira Harvia (Mahasiswa Program Studi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Elly Wardani (Bagian Keilmuan Keperawatan Dasar Dasar Keperawatan dan Manajemen Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Andara Maurissa (Bagian Keilmuan Keperawatan Dasar Dasar Keperawatan dan Manajemen Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2022

Abstract

Manajemen keperawatan merupakan sebuah pelayanan keperawatan profesional yang salah satunya menggunakan metode tim dengan mengelola dan menjalankan fungsi manajemen keperawatan sehingga pencapaian tujuan dapat dilakukan secara optimal. Kegiatan manajemen keperawatan yang dilakukan menggunakan pendekatan fungsi manajemen pengarahan dengan komunikasi yang efektif dalam bentuk pre dan post conference keperawatan. Pre conference adalah komunikasi katim dan perawat pelaksana setelah selesai serah terima untuk rencana kegiatan pada shift tersebut yang dipimpin oleh ketua tim atau penanggung jawab tim. Sedangkan post conference adalah komunikasi katim dan perawat pelaksana tentang hasil kegiatan sesudah implementasi asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana gambaran penerapan pre dan post conference keperawatan di ruang rawat inap Zamzam 3 RSUDZA Banda aceh. Metode penelitian ini menggunakan metode studi deskrikptif yang menyajikan gambaran penerapan pre dan post conference keperawatan di ruang rawat inap Zamzam 3 RSUDZA Banda aceh. Penelitian ini melibatkan 17 perawat ruang Zamzam 3 dengan menyebarkan kuesioner online melalui google form yang berisi pertanyaan mengenai data demografi dan gambaran mengenai pelaksanaan pre dan post conference keperawatan di ruang rawat inap Zamzam 3 RSUDZA Banda Aceh. Hasil observasi menjelaskan optimalisasi peran kepala ruang dan ketua tim dalam pelaksanaan pre dan post conference sudah telaksana namun belum optimal. Sedangkan hasil kuesioner didapatkan sebanyak 10 (59,0%) perawat ruang Zamzam 3 berpendapat bahwa pelaksanaan pre dan post conference sudah terlaksanakan dengan katagori baik. Sedangkan 7 (41,0%) perawat lainnya sudah terlaksanan dengan katagori cukup.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...