Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 1, No 1

Alat Permainan Edukatif dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Prasekolah di Kemukiman Lamlheu

Cinda Syahbrina Riska (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Budi Satria (Bagian Keilmuan Keperawatan Komunitas, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2016

Abstract

Stimulasi alat permainan edukatif merupakan suatu kegiatan untuk merangsang kemampuan dan tumbuh kembang anak. Stimulasi alat permainan edukatif memiliki dua komponen yaitu kemampuan visual-spasial dan kemampuan kinestetik yang mampu membantu perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan stimulasi alat permainan edukatif oleh orang tua dengan perkembangan motorik anak usia prasekolah Kemukiman Lamlheu Kecamatan Sukamakmur Aceh Besar. Jenis penelitian ini merupakan korelatif dengan desain cross sectional study. Pendekatan populasinya yang diperoleh adalah seluruh orang tua dengan anak usia prasekolah 3-5 tahun yang bertempat tinggal di Kemukiman Lamlheu. Sampelnya sebanyak 55 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik membagikan angket dengan menggunakan kuisioner yang terdiri dari 17 pertanyaan dalam bentuk skala likert dan 14 pertanyaan dalam bentuk skala dichotomous choice. Data yang diperoleh melalui kuesioner dengan tahapan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara stimulasi alat permainan edukatif dengan perkembangan motorik (p-value:0,024). Disarankan kepada orang tua dengan anak usia prasekolah untuk dapat mengetahui macam-macam alat permainan edukatif dan meningkatkan pemberian stimulasi alat permainan edukatif kepada anak guna meningkatkan pertumbuhan motorik anak. 

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...