Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 6, No 3 (2022)

RELIGIUSITAS MASYARAKAT PADA PERIODE VAKSINASI COVID-19

Mesya Geubrina Rahmah (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Teuku Tahlil (Bagian Keilmuan Keperawatan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Budi Satria (Bagian Keilmuan Keperawatan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Masyarakat yang melakukan vaksinasi di Indonesia sudah semakin meningkat, namun di beberapa daerah tingkat kepatuhan vaksinasi masih rendah, terutama di Provinsi Aceh dengan peringkat ke-2 terendah secara nasional dalam melaksanakan vaksinasi COVID-19 dosis 1, dan di posisi terakhir dalam pelaksanaan vaksin dosis 2 termasuk di Provinsi Aceh. Salah satu faktor yang mempengaruhi vaksinasi COVID-19 adalah religiusitas yang menyebabkan masih banyak masyarakat enggan untuk melakukan vaksinasi. Tujuan penelitian ini untuk melihat religiusitas masyarakat pada periode vaksinasi COVID-19. Jenis penelitian bersifat kuantitatif dengan pendekatan cros sectional study dan sampel 97 orang anggota masyarakat di wilayah kerja Puskesmas. Metode pengambilan sampel non-probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket berupa kuesioner secara langsung kepada responden. Metode analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Religiusitas responden pada periode vaksinasi COVID-19 berada pada kategori kurang baik dengan 53 (54,6%) responden, dan Religiusitas responden pada dimensi keyakinan, ihsan, ilmu, ibadah, amal dan akhlak di periode vaksinasi COVID-19 berada pada kategori baik dengan masing-masing berjumlah: keyakinan (60,8% responden), ihsan (78,4% responden), ilmu (54,6% responden), ibadah (53,6 responden), amal dan akhlak (73,2 responden). Diharapkan bagi pihak Puskesmas perlu memberikan informasi/edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi COVID-19 dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...