Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 2, No 3

PERILAKU MENONTON DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH

Debbi Aprilia (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Sufriani Sufriani (Bagian Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2017

Abstract

Menonton pada usia dini (0-5 tahun) memiliki dampak negatif terhadap perkembangan anak diantaranya anak menerima secara pasif semua yang ditayangkan, berkurangnya waktu anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya serta anak dapat mengalami gangguan pemusatan perhatian pada usia 7 tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku menonton dengan perkembangan anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al-Azhar Banda Aceh. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study dengan populasi berjumlah 202 yaitu anak usia prasekolah dan ibunya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode probability sampling dengan cara proportional random sampling dengan jumlah sampel 74 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode angket, wawancara dan observasi. Metode analisa data dilakukan dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan perilaku menonton dengan perkembangan anak usia prasekolah di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Al-Azhar Banda Aceh (p-value 0,005). Diharapkan kepada orangtua dapat meningkatkan pengawasan terhadap anak dalam menonton terkait dengan membatasi durasi waktu menonton, menentukan program acara dan membimbing atau menemani anak saat menonton sehingga anak mendapatkan manfaat positif dan mencapai perkembangan yang sesuai.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...