Penyusunan skripsi oleh mahasiswa membutuhkan potensi dalam diri dan keyakinan diri terhadap kemampuan yang dimiliki. Self-efficacy merupakan salah satu variabel yang penting dalam penyusunan skripsi. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan suatu masalah sangatlah berbeda, dapat dipastikan self-efficacy mahasiswa berpengaruh di dalamnya. Semakin tinggi self-efficacy, semakin tinggi juga kepercayaan diri terhadap kemampuan mahasiswa dalam mencapai keberhasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran self-efficacy mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripstif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian berjumlah 131 mahasiswa dengan pengambilan sampel secara total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan kuesioner General Self-efficacy Scale (GSES) dalam bentuk google form dengan validitas nilai korelasi r ≥ 0,361 dan reabilitas dengan Cronbach’s alphas 0,919. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dalam penyusunan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala terdapat 126 (96,2%) mahasiswa memiliki katagori self-efficacy tinggi. Bagi institusi pendidikan perlu memperhatikan penyebab lainnya yang dapat menjadi penghambat dalam penyusunan skripsi mahasiswa dan dapat mempertahankan kembali self-efficacy mahasiswa dalam penyusunan skripsi.
Copyrights © 2023