Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 1, No 1

TINGKAT KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN SBMPTN DI BIMBINGAN BELAJAR BANDA ACEH

Nur Sari (Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala)
Hasmila Sari (Bagian Keilmuan Keperawatan Jiwa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2016

Abstract

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) merupakan salah satu tahap evaluasi yang akan dilalui oleh setiap siswa sebelum memasuki perguruan tinggi. Hal ini merupakan salah satu penyebab kecemasan yang dialami oleh siswa bimbingan belajar karena kecemasan dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam menghadapi ujian SBMPTN. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecemasan pada siswa dalam menghadapi ujian SBMPTN di Bimbingan Belajar Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 28 dan 30 Mei 2016. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain penelitian descriptive explorative. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan metode proportional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 96 responden yang terdiri dari siswa IPA, IPS, dan IPC. Tingkat kecemasan diukur dengan menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale of Anxiety (HRS-A). Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil 37 siswa (38,5%) tidak cemas, 40 siswa (41,7%) cemas ringan, 15 siswa (15,6%) cemas sedang, 4 siswa (4,2%) cemas berat. Siswa IPA sebagian besar berada pada kategori tidak cemas (55,0%), siswa IPS berada pada kategori cemas ringan (50,0%) dan siswa IPC berada pada kategori cemas ringan (50,0%). Disarankan kepada Lembaga Bimbingan Belajar untuk dapat melakukan terapi tarik napas dalam pada siswa agar dapat mengurangi kecemasan sebelum menghadapi ujian.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...