Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 3, No 1

PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI TSANAWIYAH

muntasir muntasir (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Sri Intan Rahayuningsih (Bagian Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2018

Abstract

Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan cara memberikan penguatan (Reinforcement) pada siswa, penguatan tersebut terdiri dari reward dan punishment bertujuan untuk memberikan stimulus dan perubahan perilaku siswa agar memiliki motivasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian reinforcement (reward dan punishment) terhadap motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan di Dayah Insan Qurani Aceh Besar dimulai dari tanggal 28 Mei sampai dengan 4 Juni 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif. Dengan desain penelitian cross sectional study yang dilakukan dengan cara angket. Pengambilan sample dilakukan secara proportional random sampling. Dan dianalisis dengan menggunakan metode chi square. Jumlah responden berjumlah 71 siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara pemberian reward dan motivasi belajar (p-value = 0,006). Ada hubungan antara pemberian punishment dengan motivasi belajar (p-value = 0,005). Ada  hubungan pemberian reinforcement dengan motivasi belajar (p-value = 0,023). Setelah dilakukan penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak sekolah agar dapat lebih memperhatikan para pendidik supaya meningkatkan pemberian reward kepada siswa yang telah berusaha dengan baik dan memberikan punishment sesuai dengan hal yang telah disepakati antara pendidik dan siswa dengan tujuan meningkatnya Motivasi Belajar siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...