penyusunan skripsi merupakan tahapan akademik yang kompleks bagi mahasiswa dan merasa tidak mampu dalam melewatinya. Untuk dapat mengetahui kemampuan dirinya dalam menyusun skripsi, mahasiswa harus dapat mengevaluasi potensi yang dimiliki berkaitan dengan proses penilaian diri atau harga diri (self-esteem). Self esteem yang tinggi adalah salah satu aspek yang dapat mempermudah proses penyesuaian diri mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran self-esteem mahasiswa selama penyusunan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian berjumlah 131 mahasiswa, untuk sampel penelitian sama jumlahnya dengan populasi karena menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan google form dengan menggunakan instrumen kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Hasil penelitian menunjukan bahwa selama penyusunan skripsi hampir setengahnya memiliki self-esteem sedang yaitu 52 mahasiswa (39,7%), sebagian besar memiliki self-competence tinggi yaitu 70 mahasiswa (53,4%), dan hampir setengahnya memiliki self-liking sedang yaitu 44 mahasiswa (33,6%). Bagi institusi pendidikan perlu memperhatikan faktor serta masalah yang dapat mempengaruhi mahasiswa selama penyusunan skripsi dan memberikan dukungan sehingga mahasiswa merasa keberhargaannya
Copyrights © 2023