Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 4, No 3 (2020)

INFANT AND CHILD FEEDING INDEX (ICFI) DAN HUBUNGANNYA DENGAN STATUS GIZI ANAK

Riskia Miranti (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Sri Intan Rahayuningsih (Bagian Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2020

Abstract

Kompleksnya praktik pemberian makan bayi dan anak membutuhkan suatu indikator yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara praktik pemberian makan dengan status gizi anak. Praktik pemberian makan yang tepat dapat mempengaruhi status gizi anak, hal tersebut dapat dinilai denganInfant and Child Feeding Index (ICFI) yang merupakan sebuah indeks yang spesifik terhadap usia untuk menilai praktik pemberian makan pada anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Infant and Child Feeding Index (ICFI) dengan status gizi anak di wilayah kerja Puskesmas Jeulingke Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif korelatif menggunakan desain cross sectional study dengan populasi berjumlah 773 ibu dengan anak usia 6-36 bulan. MetodeĀ  pengambilan sampel yaitu dengan nonprobability sampling dan menggunakan teknik proportional sampling sebanyak 98 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode wawancara terpimpin dan lembar observasi status gizi anak (BB/TB dan BB/PB). Metode analisa data dilakukan dengan uji statistik chi-square. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan Infant and Child FeedinĀ  g Index (ICFI) dengan status gizi anak (BB/TB dan BB/PB) dengan p-value 1,000. Diharapkan kepada petugas kesehatan untuk dapat memberikan promosi kesehatan terkait praktik pemberian makan sesuai usia, sehingga status gizi anak dapat terpantau dan normal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...