Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 3, No 1

STUDI KOMPARATIF PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH YANG MENGIKUTI DAN TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR

maulina maulina (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
sufriani sufriani (Bagian Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2018

Abstract

Proses belajar-mengajar erat kaitannya dengan proses perkembangan anak meliputi jasmani maupun rohaninya. Adapun perkembangan yang memiliki keterkaitan dengan kegiatan belajar anak yaitu perkembangan motorik, perkembangan kognitif dan perkembangan sosial dan moral. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan perkembangan anak usia sekolah yang mengikuti bimbingan belajar dan tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN Model Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak yang berada di kelas IV dan kelas V sebanyak 463 siswa/i di MIN Model Banda Aceh. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan teknik probability sampling sebanyak 45 orang yang mengikuti bimbingan belajar dan 45 orang yang tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN Model Banda Aceh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji mann whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan perkembangan anak usia sekolah yang mengikuti bimbingan belajar dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN Model Banda Aceh (p-value = 0,240), tidak ada perbedaan perkembangan motorik (p-value = 0,647), tidak ada perbedaan perkembangan kognitif (p-value = 0,110), dan tidak ada perbedaan perkembangan sosial dan moral (p-value = 0,789) anak usia sekolah yang mengikuti bimbingan belajar dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di MIN Model Banda Aceh. Diharapkan agar orangtua dan guru tetap memperhatikan perkembangan anak sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...