Manajemen waktu masih menjadi masalah pada mahasiswa di perguruan tinggi yang mempengaruhi pengelolaan waktu. Manajemen waktu diperlukan untuk mencegah terjadinya pemborosan terhadap waktu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan manajemen waktu antara mahasiswa pendidikan tahun akademik dengan tahun pendidikan profesi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian menggunakan deskriptif komparatif. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa pendidikan akademik dan mahasiswa pendidikan profesi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan sampel sebesar 160 orang responden, dimana 80 orang dari mahasiswa pendidikan akademik dan 80 orang dari mahasiswa profesi. Alat pengumpulan data berupa kuesioner baku dari Britton dan Tesser (1991) yaitu Time Management Questionnaire (TMQ). Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam manajemen waktu (p-value = 0,308), perencanaan jangka panjang (p-value = 0,245), perencanaan jangka pendek (p-value = 0,304), dan sikap waktu (p-value = 0,823) pada mahasiswa pendidikan akademik dan profesi. Direkomendasikan kepada mahasiswa agar membuat agenda harian dan mingguan serta mengimplementasikannya ke dalam kegiatan sehari-hari.
Copyrights © 2019