Anak-anak dilahirkan dengan mekanisme dan kemampuan untuk mengembangkan bicara dan ketrampilan bahasa. Mereka tidak dapat berbicara dengan spontan. Lingkan harus membeikan cara bagi mereka untuk menguasai ketrampilan ini. Pengetahuan orang tua sangat perlu karena orang tua perlu memahami tahap-tahap perkembangan anak dan memberikan rangsangan yang tepat sesuai tahap perkembangan terutama pada anak toddler. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa pada anak usia toddler di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif koleratif. Polulasinya adalah seluruh orang tua orang tua yang memiliki anak usia toddler di Gampong Lampeudaya Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling, sebanyak 43 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dan formulir DDST (Denver Developmental Screening Test). Hasil penelitian didapatkan 43 responden, sebanyak 58,1% pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa pada kategori baik dan sebanyak 74,4% anak dengan perkembangan bahasa pada kategori normal. Hasil uji chi-square diperoleh p-value=0,031 (α=0,05) yang berarti ada hubungan pengetahuan orangtua tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa pada anak usia toddler. Saran bagi orang tua yang memiliki anak usia toddler agar dapat memahami dan mengerti tentang cara menstimulasi perkembangan bahasa pada anak sesuai dengan tahap pekembangan anak agar dapat mencapai tumbuh kembang yangg optimal.
Copyrights © 2016