Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 1, No 1

DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK DISABILITAS MENTAL DI ACEH

Mauliza Mauliza (MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH)
fithria fithria (BAGIAN KEILMUAN KEPERAWATAN KELUARGA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2016

Abstract

Keluarga adalah lingkungan terdekat dan utama dalam kehidupan anak khususnya anak disabilitas.  Dalam kenyataannya, anak disabilitas yang memperoleh dukungan keluarga dan lingkungan yang baik mampu menunjukkan prestasi yang tidak kalah gemilang baik dalam bidang pendidikan formal maupun keterampilan sehingga anak tersebut mampu mandiri dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan keluarga dalam peningkatan keterampilan anak disabilitas mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) Labui Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif  dengan populasi seluruh keluarga yang memiliki anak mental di SDLBN Labui Banda Aceh dan pengumpulan data dilakukan pada tanggal 27 Mei sampai 4 Juni 2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling, sebanyak 42 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian didapatkan dari 42 responden, sebanyak 54,8% mendapatkan dukungan keluarga yang kurang, sehingga dapat disimpulkan dukungan keluarga dalam peningkatan keterampilan anak disabilitas mental berada pada kategori kurang. Perawat puskesmas diharapkan dapat memberikan informasi atau cara kepada keluarga untuk meningkatkan dukungan keluarga khususnya dukungan emosional keluarga dan dukungan instrumental keluarga sehingga keluarga dapat membantu dan membimbing anak agar dapat meningkatkan keterampilan yang dimilikinya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...