Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan
Vol 5, No 2 (2021)

PENGETAHUAN IBU TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA TERSEDAK ANAK TODDLER

Amelia Putri (Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Halimuddin Halimuddin (Bagian Keilmuan Keperawatan Gawat Darurat Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)
Anda Kamal (Bagian Keilmuan Keperawatan Gawat Darurat Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Kejadian tersedak memerlukan perhatian khusus karena dapat menyebabkan kekurangan oksigen bahkan kematian jika tidak cepat ditangani. Tersedak kebanyakan terjadi pada usia tiga tahun ke bawah karena sifatnya yang mengeksplorasi benda dengan menggunakan mulut. Saat anak tersedak diperlukan penanganan yang cepat dan tepat dari orang terdekat khusunya ibu yang lebih sering bersama dengan anaknya. Tujuan penelitian: mengidentifikasi gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang pertolongan pertama tersedak pada anak toddler. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian 93 ibu yang memiliki anak toddler di Kecamatan Kuta Alam. Teknik pengumpulan sampel adalah purposive sampling. Alat ukur yang digunakan angket. Hasil penelitian tingkat pengetahuan ibu tentang pertolongan pertama tersedak anak toddler (47,3%) berada pada tingkat pengetahuan sedang, (29,0%) tingkat pengetahuan tinggi serta (23,7%) rendah. Rekomendasi: pemberian intervensi, peyuluhan atau pelatihan mengenai pertolongan pertama tersedak kepada ibu di Kecamatan Kuta Alam untuk meningkatkan pengetahuan dari yang sedang serta rendah menjadi tinggi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

FKep

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa of the Faculty of Nursing is a Student Scientific Journal which aims to communicate the results of research on student final assignments. The target readers are students, nurses, lecturers and nursing ...