Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo
Vol 9, No 2 (2023)

Efek Moderasi Sensitivitas Harga antara Determinan yang Dirasakan dan Minat Beli Produk UMKM Hasil Budidaya Rumput Laut: Konsumen Provinsi Sulawesi Barat

Erwin Erwin (Universitas Sulawesi Barat)
Arlistria Muthmainnah (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

AbstractIn particular, this study tries to use a significant factor, namely "Perceived price sensitivity", as a moderating variable to further examine consumer intentions, how this factor moderates the relationship between perceived determinants and purchase intentions for cultivated products classified as environmentally friendly. The purpose of this study was to examine consumer intention in West Sulawesi Province to buy environmentally friendly products, the method of the data analysis process of the research to be carried out using the associative statistical analysis method, the expected results can show statistically the relationship between each variable. This study shows that most of the variables are not significant based on the research objectives. This is due to the lack of public acceptance of seaweed cultivation products. From the results of the study it can be concluded that consumers, especially in West Sulawesi Province, do not have a thorough understanding of seaweed cultivation products. In addition, the attitudes that consumers have do not effectively encourage them to buy seaweed aquaculture products.Keywords:  Price Sensitivity, Determinants, Purchase Intention.AbstrakSecara khusus, penelitian ini mencoba menggunakan faktor yang signifikan yaitu “Persepsi sensivitas harga”, sebagai variabel moderasi untuk mengkaji lebih lanjut niat konsumen, bagaimana faktor ini memoderasi hubungan antara persepsi determinan dengan niat beli produk hasil budidaya yang tergolong ramah lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji niat konsumen di Provinsi Sulawesi Barat untuk membeli produk ramah lingkungan, metode proses analisis data penelitian yang akan dilaksanakan menggunakan Metode analisis statistik asosiatif, hasil yang diharapkan dapat memperlihatkan secara statistik hubungan setiap variabel. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar variabel yang tidak signifikan berdasarkan tujuan penelitian. Hal ini disebabkan oleh kurangnya penerimaan masyarakat terhadap produk budidaya rumput laut. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konsumen khususnya di Provinsi Sulawesi Barat belum memiliki pemahaman menyeluruh terhadap produk hasil budidaya rumput laut. Selain itu, sikap yang dimiliki konsumen tidak secara efektif mendorong mereka untuk membeli produk hasil budidaya rumput laut.Kata Kunci: Sensivitas Harga, Determinan, Minat Beli.

Copyrights © 2023