Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 7 No. 1 (2015): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Adobe Flash CS5 professional dan Macromedia Flash 8 professional pada Pembelajaran Pergeseran Kesetimbangan Kelas XI MIA SMAN 1 Batanghari

Naswir Muhammad (Universitas Jambi)
Fatria Dewi (Universitas Jambi)
Samsinar Samsinar (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2018

Abstract

Materi pergeseran kesetimbangan memiliki karakteristik abstrak dan menekankan penguasaan konsep hingga ke tingkat molekul yang mikroskopik, maka dari itu dilakukan praktikum untuk memudahkan siswa memahami materi. Akan tetapi tidak semua sekolah didukung oleh fasilitas yang memadai untuk melakukan praktikum, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pengintegrasian media pembelajaran sehingga dapat memberikan visualisasi yang jelas kepada siswa dalam mempelajari materi pergeseran kesetimbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ranah kognitif dan afektif siswa kelas XI MIA SMAN 1 Batanghari yang diajarkan melalui media Adobe Flash CS5 Professional dan Macromedia Flash 8 Professionalpada materi pergeseran kesetimbangan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimentaldengan rancangan penelitian Posttest Only Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling purposive dan teknik analisa data menggunakan rumus uji-t. Hasil belajar ranah afektif siswa dikategorikan cukup baik dengan persentase rata-rata afektif kelas eksperimen I (Adobe Flash CS5 Professional) dan kelas eksperimen II (Macromedia Flash 8 Professional) yaitu 63% dan 62%. Sedangkan nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen I yaitu 68 dan kelas eksperimen II yaitu 64. Berdasarkan uji statistik pada α = 0,05 diperoleh thitung< ttabel (1,755 < 1,994). Dengan demikian hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan menggunakan media Adobe Flash CS5 Professional dan Macromedia Flash 8 Professional terhadap hasil belajar siswa pada materi pergeseran kesetimbangan di kelas XI MIA SMAN 1 Batanghari

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...