Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 8 No. 1 (2016): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah pada Materi Termokimia Kelas XI MIA SMA Negeri 10 Kota Jambi

Haryanto Haryanto (Universitas Jambi)
Harizon Harizon (Universitas Jambi)
Nanda Kumala Ratih (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2016

Abstract

Proses penilaian aspek sikap ilmiah dan keterampilan proses pada praktikum disekolah belum dilakukan secara terperinci. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah serta apakah instrumen yang dikembangkan layak untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah untuk mengetahui kelayakan instrumen penilaian dalam mengukur kemampuan psikomotorik dan afektif peserta didik pada praktikum melalui validasi ahli dan penilaian guru SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Dick dan Carey yang terdiri dari 10 tahap. Tahap yang difokuskan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (5) mengembangkan instrumen penilaian, (8) merancang dan mengembangkan evaluasi formatif, (9) melakukan revisi terhadap instrumen penilaian, (10) merancang dan mengembangkan evaluasi sumatif. Produk instrumen penilaian ini divalidasi oleh tim ahli. Instrumen penilaian ini memiliki validitas isi yang memenuhi kriteria “sangat baik” berdasarkan hasil validasi ahli dengan rata-rata skor validasi 4,40 dan 4,20. Selain itu instrumen penilaian ini memiliki kriteria “sangat kuat” yang berarti instrumen penilaian yang telah dikembangkan bersifat positif dengan persentase nilai respon guru yaitu 86,67%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah pada praktikum penentuan entalpi reaksi berdasarkan kalorimeter layak digunakan. Dalam pelaksanaan uji coba produk, guru mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian karena penilaian yang dilakukan harus mengamati peserta didik satu per satu. Sarannya, dalam melakukan uji coba produk ini, dibutuhkan observer yang membantu guru melakukan penilaian dan untuk penelitian pengembangan selanjutnya diharapkan dapat melakukan uji coba produk kelompok besar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...