Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry
Vol. 12 No. 1 (2020): Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry

Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Autoplay Media Studio pada Materi Struktur Atom

Siti Ayu (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
lazulva lazulva (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Lisa Utami (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2020

Abstract

[ Development of Interactive Instructional Multimedia Autoplay Media Studio on Atomic Structure Lesson ] Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran multimedia interaktif pada materi struktur atom dengan menggunakan software Autoplay Media Studio. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Disseminate). Penelitian dilakukan di SMK Abdurrab Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 2 orang validator (ahli materi dan ahli media), 3 orang guru kimia dan 10 orang peserta didik kelas X TLM 1. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media pembelajaran yang dihasilkan memiliki tingkat validitas oleh ahli materi sebesar 91,29% (sangat valid), ahli media sebesar 90,04% (sangat valid), dan tingkat praktikalitas oleh guru sebesar 88,92% (sangat praktis), respon peserta didik sebesar 90,15%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa media pembelajaran kimia menggunakan multimedia interaktif Autoplay Media Studio pada materi struktur atom sudah valid dan praktis untuk dijadikan media pembelajaran alternatif di sekolah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jisic

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Journal of the Indonesian Society of Integrated Chemistry (JISIC) accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in either English or Indonesian; resulting primarily from quantitative, qualitative, or mixed research in sync with Chemistry education. These issues include, but ...