Bahasa Inggris Maritim merupakan pengantar komunikasi yang wajib digunakan sebagai standarisasi di dunia maritim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran laboratorium Bahasa terhadap pemahaman listening bahasa Inggris Taruna-Taruni. Partisipan penelitian ini berjumlah 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tanya jawab, kuisoner dan pengamatan. Indikator penelitian yaitu Kategori atau kualifikasi peran laboratorium dan pemahaman listening pada mata kuliah Bahasa Inggris Maritim. Analisis data yang digunakan adalah metode statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran laboratorium di Politeknik Pelayaran Barombong berstandar pada kualifikasi sangat baik, dan pemahaman listening pada mata kuliah Bahasa Inggris Maritim berada pada kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk mengoptimalkan peran laboratorium bahasa inggris terhadap peningkatan pemahaman mendengarkan pada pelajaran Bahasa Inggris Maritim , kepada instansi terkait agar senantiasa melakukan pengembangan terhadap sarana dan prasarana guna memberikan suasana belajar yang memadai serta didukung dengan kualitas staf pengajar yang mumpuni sehingga Taruna-Taruni yang dihasilkan bisa bermanfaat di dunia kerja dan pengembangan IPTEK secara luas.
Copyrights © 2022