Intelektual: Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi
Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Intelektual Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi

Kampanye Digital pada Instagram @Perhumas_Indonesia melalui #IndonesiaBicaraBaik dalam Mewujudkan Masyarakat 5.0

Vanessa Bella Juliet Arianita (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya)
Fitria Widiyani Roosinda (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya)
Julyanto Ekantoro (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan mengingat pesatnya kemajuan teknologi yang menyebabkan semakin meningkatnya pengguna sosial media instagram. Hal ini sejalan dengan meningkatnya jumlah produksi dan konsumsi informasi yang semakin tinggi dan tidak terkontrol. Berita bohong atau hoaks merupakan salah satu ancaman bagi pengguna media digital instagram yang membuat instagram kehilangan fungsi utamanya dan membuat lingkungan digital menjadi tidak kondusif. Sebagai pionir organisasi di bidang kehumasan di Indonesia, Perhumas Indonesia mencetuskan tagar #IndonesiaBicaraBaik sebagai bentuk kampanye digital dalam melawan tersebarnya pesan negatif seperti berita bohong atau hoaks. Kampanye ini juga bertujuan untuk mewujudkan masyarakat 5.0 yang memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, berpikir kritis dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kampanye yang dilakukan Perhumas Indonesia pada akun instagram @Perhumas_Indonesia melalui tagar #IndonesiaBicaraBaik untuk mewujudkan masyarakat 5.0. Dalam melakukan penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penulis mengumpulkan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi yang digunakan untuk menginterpretasikan data hasil penelitian. Hasil yang didapatkan yaitu Perhumas Indonesia memiliki strategi komunikasi tersendiri dalam mengampanyekan #IndonesiaBicaraBaik di instagram yaitu membuat kategori konten yaitu Humaspedia, Protips dan Motion yang masing-masing kategori tersebut memiliki tujuan dan isi konten yang berbeda. Dalam pelaksanaannya, kampanye digital #IndonesiaBicaraBaik masih belum dilakukan evaluasi secara signifikan dan terukur guna mengetahui keefektifan kampanye digital ini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Environmental Science Social Sciences

Description

Intelektual: Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi is a national-scale journal that discusses the study of social Sciences, Communication Sciences, Public Administration and the humanities. The journal focuses on issues of Communication, Digital Communication, Public Policy, Human ...