Journal of Physical Education and Sport Pedagogy
Vol 3, No 2 (2023)

Pengaruh Metode Drill terhadap Ketepatan Shooting Petanque pada Atlet Petanque Kabupaten Sumedang Tahun 2023

Nazar Rahma Fauziah (Universitas Sebelas April)
Dadang Budi (Universitas Sebelas April)
Sandra Jaganda Marbun (Universitas Sebelas April)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode drill terhadap ketepatan shooting petanque atlet petanque Kabupaten Sumedang dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode drill terhadap ketepatan shooting petanque pada atlet petanque Kabupaten Sumedang. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes ketepatan shooting. metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Yang dijadikan populasi yaitu atlet petanque Kabupaten Sumedang yang berjumlah 20 orang, dimana dalam menentukan sampel peneliti menggunakan sampling jenuh  di mana teknik penentuan ini sampel bisa semua anggota populasi. Berdasarkan hasil dari pengolahan data, dapat ditarik kesimpulan yaitu metode drill berpengaruh terhadap ketepatan shooting petanque pada atlet Kabupaten Sumedang dilihat dari hasil perhitungan nilai rata-rata tes awal dan tes akhir, nilai tes awal yaitu 1,8 dan nilai tes akhir 2,9 sehingga dengan kata lain tes awal (1,8) tes akhir (2,9) maka nilai rata-rata tes akhir sangat meningkat (Signifikan). Sedangkan mengenai signifikansinya dilihat dari uji peningkatan thitung pada taraf nyata 0,05 dengan thitung = 137,5 berada di luar batas interval ttabel = 1,729 dengan demikian metode drill berpengaruh sangat besar (Signifikan) terhadap ketepatan shooting petanque pada atlet Kabupaten Sumedang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPESP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

This journal facilitates academic articles, book reports, and literature reviews. It aims to develop scientific discussion related to Physical Education and Sport Pedagogy. General discussion and essential findings are welcomed to create sustainability of worldwide learning education It covers ...