cover
Contact Name
Aam Ali Rahman
Contact Email
jpesp@upi.edu
Phone
+6281321300687
Journal Mail Official
jpesp@upi.edu
Editorial Address
Jalan Dr Setiabudhi No 229. Kota/Kabupaten, Kota Bandung. Kode Pos, 40154. Telepon, 022-2013163. Faximile, 022-2001135
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy
ISSN : 27769860     EISSN : 27769852     DOI : https://doi.org/10.17509/jopes
This journal facilitates academic articles, book reports, and literature reviews. It aims to develop scientific discussion related to Physical Education and Sport Pedagogy. General discussion and essential findings are welcomed to create sustainability of worldwide learning education It covers Physical Education and Characters, Innovation in Teaching and Learning of Physical Education, Values Education in Physical Education, Physical Education Technologies, Education and Curriculum in Physical Education and Health Education. Aims and Scopes It covers Physical Education and Characters, Innovation in Teaching and Learning of Physical Education, Values Education in Physical Education, Physical Education Technologies, Education and Curriculum in Physical Education and Health Education.
Articles 26 Documents
Comparison of the Traditional Games of Bentengan and Galah Asin on the Sportsmanship Attitude of Class IV SDN Panyingkiran I Students Dede Triyana Saputra; Anin Rukmana; Yogi Akin
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v1i1.33837

Abstract

The problem that arises in this study based on initial observations is the low sportsmanship among students, especially in traditional game activities. This is indicated by an attitude that does not want to accept defeat, which causes quarrels to arise. Apart from that, other problems also arise from the traditional games themselves, which children rarely play due to the development of technological knowledge. In solving these problems, the method used in this study is a Quasi Experiment with the research design of The Static Group Pretest-Postest. The sample in this study came from the fourth-grade students of SDN Panyingkiran I, totalling 28 students divided into 14 students in the Bentengan game experimental group and 14 students in the Galah Asin game experiment group with a research instrument in the form of a questionnaire with a Likert scale. Based on the results of the calculation of the two-party test, it shows that the value of Sig. (2-tailed) 0.009 0.05, which means that the traditional Galah Asin game is more influential than the traditional Bentengan game on the sportsmanship attitude of the fourthgrade students of SDN Panyingkiran I.
Pengaruh Modifikasi Media Latihan Menggunakan Pipa Air Terhadap Kemampuan Shooting Dalam Olahraga Petanque Pada Atlet Petanque Sumedang Tahun 2023 Elsa Listi Lestari; Dadang Budi; Angga Nugraha
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v3i1.63712

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum konsistennya kemampuan shooting atlet dalam pertandingan shooting game dalam petanque. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modifikasi media latihan menggunakan penghalang berupa  pipa air terhadap peningkatan kemampuan shooting atlet petanque Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pretest postest design. Instrumen yang digunakan untuk tes kemampuan shooting adalah permainan nomor shooting figure 1,2,3,4, dan 5 dengan jarak 6 meter, 7 meter, 8 meter, dan 9 meter. Subjek dalam penelitian ini adalah atlet petanque Sumedang  yang berjumlah 20 atlet. Sampel yang diambil dari hasil purposive sampling. Tujuan penelitian ini dapat di jadikan bahan keberhasilan pelaksanaan latihan shooting terhadap pengaruh modifikasi media latihan menggunakan penghalang berupa pipa air terhadap peningkatan kemampuan shooting atlet petanque Sumedang, sehingga bahan modifikasi ini dapat di aplikasikan sama pelatih demi mencapai keberhasilan atlet. Populasi dari penelitian ini adalah atlet petanque Sumedang dengan jumlah 20 atlet dan di jadikan sample penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan instrument yaitu tes shooting. Data diambil dari tes awal dan tes akhir. Berdasarkan hasil pengolahan data, besarnya peningkatan kemampuan hasil pengaruh modifikasi media latihan menggunakan penghalang berupa pipa air terhadap peningkatan kemampuan shooting atlet petanque Sumedang dengan metode eksperimen ini di buktikan dengan uji peningkatan yang menunjukan hasil yang signifikan. Pada taraf nyata (20-1) = 19 (α) = 0,05 (thitung ttabel yaitu 137,5 1,729). Dengan demikian modifikasi latihan shooting memberikan pengaruh yang signifikan ketepatan shooting petanque pada atlet petanque Kabupaten Sumedang.
Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Keterampilan Passing Bawah Muhammad Zaenudin; Ayi Suherman; Tedi Supriyadi
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i2.38319

Abstract

Permasalahan yang selalu terjadi pada kegiatan praktek mata pelajaran pendidikan jasmani atau olahraga di sekolah dasar ditemukan masih banyaknya siswa kurang dalam menguasai teknik dasar dalam cabang olahraga tersebut dan peran pendidik khususnya guru olahraga dalam pemanfaatan atau penerapan media berbasis teknologi maupun non teknologi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, ditambah pembelajaran dari tahun sekarang yang mengharuskan kegiatan pemberian pendidikan melalui sistem daring. Hal ini mengefektifkan pembelajaran online, akibat virus Covid-19 yang masih melanda. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 1 Tambelang Kota Cirebon. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan media audio visual terhadap timgkat keterampilan siswa dalam passing bawah bola voli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen (One group pre-test post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan passing bawah dengan menggunakan media dinding. Hasil tersebut dapat dilihat dari perhitungan data pretest dan posttest, P-Value One Sample T-Test sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 artinya Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media pembelajaran audio visual terhadap keterampilan passing bawah bola voli. Pengaruh media pembelajaran audio visual ini.
Analisis Proses Pemebelajaran Pendidikan Jasmani di SDN se-Kecamatan Rancaekek Irfan Nugraha; Yudha Munajat Saputra; Dinar Dinangsit
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i1.37796

Abstract

Permasalahan yang ada di SDN se-Kecamatan Rancaekek adalah tidak diketahuinya proses pembelajaran pendidikan jasmnai. Proses pembelajaran adalah bagian dari proses interaksi serta komunikasi antara guru dan siswa dalam dalam suatu komunikasi yang timbal balik dalam pendidikan untuk mencapai tujuan belajar. Pendidikan jasmani menjadi bagian terpenting dari proses pendidikan. Kuncinya tidak sekedar melampirkan topic tambahan seperti peralatan tambahan ke kurikulum sekolah agar siswa tetap aktif, tetapi juga pendidikan jasmani merupakan bagian penting dari pembelajaran. Tidak hanya itu, jika disertifikasi dan dilatih dengan baik, siswa juga akan meningkatkan keterampilannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau memperjelas proses pembelajaran pendidikan jasmani di SDN se-Kecamatan Rancaekek. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti. Dengan menggunakan survey beserta angket sebagai instrumennya. Sample yang di ambil yaitu guru penjas di SDN se-Kecamatan Rancaekek. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling yang mengambil 10 guru penjas secara acak sebagai perwakilannya. Berdasarkan hasil peneitian dan penyebaran angket jumlah persentase kategori cukup baik sebesar 80% dan sebanyak 20% masuk ke dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran pendidikan jasmani di SDN se-Kecamatan Rancaekek cukup baik.
Analysis of Mental Toughness Among Sub-Elite Field Hockey Players Babu P
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i2.63892

Abstract

Preparation is the key to success in sports at all levels, which is why professional athletes spend a lot of time and money to ensure adequate knowledge, quality of practice and physical education skills. However, among the elite, the difference between those who work well and those who work well is mainly their level of preparation and the ability to use their skills in High status. An important part of this mental preparation is developing the ability to cope with the mental stress that comes with participating in elite sports. In this solution, individual differences in how people respond to stress mean that each person can respond to stressful situations in their own way. This is because individuals can use various coping and coping strategies to cope with stress/anxiety (Holahan Moos, 1994; Moos Shaefer, 1993).Subjects were divided into four groups based on their performance at the 2011 South Division Intercollegiate Hockey Tournament in Tirunelveli. The total number of subjects is 72 and there are 18 subjects in each group. From this qualitative research, seven aspects of psychology were developed. These factors include: self-confidence, negative energy, emotional control, perception and thinking, motivation, positive energy and behavior control. ANOVA statistics were used to analyze the differences between groups. This article provides some information about the empowerment field—definition and theory. Rigorous scientific studies in this area of research allow us to better understand mental health. With an understanding of psychology, it is now possible to conduct research on life-long measurement, development, and education. To truly understand how resilience emerges in people's lives, future research will best examine the interactions between individual traits (e.g., the seven factors identified here), social support, and the nature of stress or depression. 
The Relationship between Emotional Intelligence and Table Tennis Motivation at the UPI Table Tennis Student Activity Unit, Sumedang Campus Erwin Dwi Meilinda; Indra Safari; Dewi Susilawati
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v1i1.33848

Abstract

This research is motivated by the experience of field findings. In the findings of researchers at the UPI Sumedang table tennis UKM, there were often UKM members who were lazing about practicing table tennis. The purpose of this study was to determine the relationship between emotional intelligence and table tennis motivation in UPI Sumedang table tennis UKM with 31 members of UKM consisting of 16 boys and 15 girls. This research method uses correlation with a simple correlation design. Meanwhile, the data collection used in this research is the emotional intelligence test using the emotional intelligence questionnaire test, and for the table tennis motivation test using the table tennis motivation questionnaire test. Sig value. (2-tailed) the relationship between emotional intelligence and table tennis motivation is 0.000 0.05, there is a relationship between emotional intelligence and table tennis motivation. The pearson correlation value is 0.677 which is included in the degree of strong correlation. It can be concluded that there is a significant relationship between emotional intelligence and table tennis motivation at the UPI Sumedang table tennis UKM.
Pengaruh Modifikasi Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Shooting Three Point Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas X Rpl Smk Korpri Sumedang Dea Firman Nur Hidayat; Sheila Dwi Loviani; Sandra Jaganda Marbun
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v3i1.63713

Abstract

Tujuan umum yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang peningkatan hasil belajar shooting three point bola basket pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh modifikasi permainan ular tangga terhadap hasil belajar shooting three point dalam permainan bola basket. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini untuk menguji kebenaran hipotesis yang telah diajukan adalah metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang yang berjumlah 20 orang dan penulis menggunakan sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 orang. Data penelitian ini dikumpulkan melalui tes shooting sebanyak 15 kali percobaan. Setelah mendapat perlakuan dengan modifikasi permainan ular tangga terjadi peningkatan yang signifikan. Peningkatan tersebut terlihat dari nilai rata-rata dan perhitungan uji t. Kemampuan tes awal shooting bola basket sebelum perlakuan (pre-test) memperoleh nilai rata-rata sebesar 7,7 sedangkan setelah mendapat perlakuan (post-test) sebesar 11,25. Dengan demikian nilai rata-rata tes akhir sangat meningkat (signifikan). Kemudian hasil perhitungan dan uji signifikansi pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang menunjukan adanya peningkatan yang berarti dalam hasil belajar shooting three point bola basket, karena didapat harga Thitung sebesar 13,65. Harga Thitung tersebut kemudian dibandingkan dengan Ttabel. Dengan taraf nyata (a) 0,05 dan dk = 19 diperoleh Ttabel sebesar 1,729 yang dimana lebih kecil dari pada Thitung = 13,65, sehingga hipotesis nol ditolak. Dengan demikian, belajar shooting three point dengan menggunakan modifikasi permainan ular tangga terhadap hasil belajar shooting three point dalam permainan bola basket pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang peningkatannya sangat berarti (signifikan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa belajar shooting three point dengan menggunakan modifikasi permainan ular tangga sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar shooting three point dalam permainan bola basket pada pada siswa putra kelas X RPL SMK KORPRI Sumedang.
Model Pembelajaran Inquiri Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Penjas Terhadap Kemandirian Belajar Pada Masa Covid-19 Juhrodin Juhrodin; Nuriska Subekti; Agus Mulyadi
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v3i1.63579

Abstract

Penelitian ini mendalami dampak model pembelajaran inkuiri berbasis daring pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjas) selama pandemi COVID-19. Pandemi ini mengubah lanskap pendidikan global, memaksa institusi pendidikan untuk beralih ke pembelajaran daring. Mata pelajaran Penjas, yang melibatkan aspek fisik, keterampilan, dan pemahaman tentang kesehatan, menghadapi tantangan untuk menjaga keterlibatan siswa serta mendukung kemandirian belajar mereka. Pendekatan inkuiri berbasis daring menawarkan solusi dengan melibatkan siswa secara aktif dalam eksplorasi mandiri, mulai dari bertanya, mengumpulkan informasi, hingga mencapai pemahaman. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Quasi-Experimental Design di SMA Negeri 10 Tasikmalaya, dengan satu kelas sebagai kelompok treatment (Kelas X.1) dan kelas lain sebagai kelompok kontrol (Kelas X.2). Hasil analisis Independent Samples Test menunjukkan perbedaan signifikan dalam kemandirian belajar antara kedua kelompok, dengan Kelas X.1 mencapai rata-rata skor 28.14, sementara Kelas X.2 hanya mencapai 3.67. Penemuan ini menegaskan bahwa model pembelajaran inkuiri berbasis daring efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa Penjas selama pembelajaran jarak jauh. Implikasinya jauh lebih dalam daripada sekadar peningkatan skor; ini mencerminkan perkembangan substansial dalam keterampilan dan sikap siswa. Dengan demikian, penelitian ini memperkuat keberhasilan pendekatan inkuiri berbasis daring sebagai strategi pembelajaran yang relevan dan efektif, terutama dalam menghadapi situasi sulit seperti pandemi, membuka pintu bagi pengembangan pendekatan serupa di masa depan.
Hubungan Sarana Prasarana Dengan Kompetensi Profesional Guru Penjas di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Cicalengka Risman Purnama; Encep Sudirjo; Rizal Ahmad Fauzi
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i2.37613

Abstract

Peran sarana prasarana olahraga dan kompetensi guru merupakan hal yang penting dalam kegiatan belajar mengajar agar tercapainya kualitas pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Dengan demikian, penelitian ini melibatkan sebanyak 26 guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cicalengka. Data yang diperoleh melalui lembar survei dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Cicalengka ini didapatkan koefisien korelasi (r) antara sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani sebesar 0,429, sedangkan untuk rtabel N=26 sebesar 0,388. Hal tersebut menunjukkan rhitung rtabel (0,4290,388) yang artinya terdapat hubungan antara sarana prasarana dengan kompetensi guru penjas dengan korelasi sedang. Serta terdapat pengaruh antara sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani sebesar 15% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian terdapat hubungan antara sarana prasarana dengan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani.
Analisis Pembelajaran Penjas Pada Saat Pandemi Covid 19 Di Sdn Ciaro III Harun Al Rasyd; Entan Saptani; Indra Safari
Journal of Physical Education and Sport Pedagogy Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jopes.v2i2.63893

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai permasalahan pada berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali dalam pelaksanaan pendidikan. Pelaksanaan pendidikan di Indonesia selama setahun kebelakang diselenggarakan secara daring, begitupun dengan pembelajaran penjas yang berbasis praktik. Berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran penjas secara daring tentunya kegiatan pembelajaran maupun segala bentuk persiapan guru dalam mengajar sangat berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran penjas pada umumnya, yang akan meninggalkan persepsi baru bagi siswa. Maka dari itu pada penelitian ini, peneliti berupaya untuk menganalisis pembelajaran penjas pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan data kuisioner. Sampel penelitian adalah siswa SD kelas VI SDN Ciaro III. Dari penelitian ini dapat menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan jasmani secara daaring di masa pandemi covid di SDN Ciaro III kurang baik.

Page 1 of 3 | Total Record : 26