Jurnal pengembangan pendidikan akuntansi dan keuangan
Vol 2, No 1 (2021): JPPAK

PENGARUH MODEL SIKLUS BELAJAR 5E BERBANTU MEDIA POWTOON TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK

Fadhillah Rahmadhani Wahyunintya (Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta)
siswandari siswandari (Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta)
nurhasan Hamidi (Pendidikan Akuntansi, FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No. 36A, Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2022

Abstract

ABSTRACTThe aim of this study is to examine the effect of the 5E learning cycle model assisted by powtoon media on improving the critical thinking skills of SMK students'. This study is a quasi experimental with a nonequivalent control group design. The population in this study were all students of class XI Financial Accounting and Institutions at SMK. The sample was taken by using purposive sampling technique as many as 71 students. The technique to collect the data in this study used tests and observations. The data analysis used in this study was the t-test. The results showed that the 5E learning cycle model assisted by powtoon media has an effect on increasing the critical thinking skills of SMK students'. It is proven by the acquisition of an independent sample t-test where the t-count is 3,436 with a significance level of 0.001. In addition, the average critical thinking ability of students in the experimental class before and after treatment increased by 16 points, from 62 to 78.Keywords: 5E learning cycle model, powtoon media, critical thinking skills.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model siklus belajar 5E berbantu media powtoon terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Akuntansi Keuangan dan Lembaga di SMK. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model siklus belajar 5E berbantu media powtoon berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMK. Hal ini dibuktikan melalui perolehan independent sample t-test dimana thitung 3,436 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001. Disamping itu rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebelum dan setelah perlakuan meningkat sebesar 16 poin, dari 62 menjadi 78.   Kata kunci : model siklus belajar 5E, media powtoon, kemampuan berpikir kritis. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JPPAK : Jurnal Pengembangan Pendidikan Akuntansi dan Keuangan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Sebelas Maret University. Jurnal ini merupakan media komunikasi ilmiah di bidang akuntansi dan pendidikan yang terbit 2 (dua) kali dalam setahun. ...