Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan sesuai dengan harapannya. Kepuasan pasien menjadi salah satu satu faktor penentu dalam pelayanan KIE obat di UPTD Puskesmas Patebon I Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) obat oleh apoteker di UPTD Puskesmas Patebon I Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan membagikan kuesioner secara langsung pada subyek peneliti sebanyak 97 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien sangat puas pada poin 1 (petugas menanggapi pasien dengan ramah dan tersenyum) sebanyak 52 (53,6%), dan pasien yang cukup puas pada poin 6 (petugas menyampaikan peringatan atau efek samping obat) sebanyak 47 (48,45%). Bagi UPTD Puskesmas Patebon I hendaknya petugas pelayanan obat menyampaikan efek samping dari obat, karena salah penggunaan obat juga berdampak buruk bagi pasien.
Copyrights © 2022