Jurnal Kedokteran Meditek
Vol 30 No 1 (2024): JANUARI

Fibroadenoma Mammae: Prevensi Berdasarkan Karakteristik dan Faktor Risiko

Billy Daniel Mesakh (RSUD Soewandhie Surabaya - Departemen Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia)
Carlos Gracia Supriantono Binti (RSUD Soewandhie Surabaya - Departemen Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia)
Dharma Putra P. Banjarnahor (RSUD Soewandhie Surabaya - Departemen Klinik, Fakultas Kedokteran, Universitas Ciputra, Surabaya, Indonesia)
Etha Rambung (Departemen Biomedik Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia)
Hebert Adrianto (Departemen Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Ciputra Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Fibroadenoma mammae (FAM) merupakan masalah kesehatan tumor jinak terbanyak dialami oleh wanita dan memiliki prevalensi tinggi di Indonesia. Tujuan penulisan,  untuk mempelajari karakteristik dan faktor risiko terkait kejadian FAM serta menyusun sebuah prevensi. Metode penelitian adalah studi literatur dari artikel-artikel jurnal penelitian yang memiliki tema penelitian yang sama dengan menggunakan platform Google Scholar, PubMed, dan Semantic Schoolar. Hasil yang diperoleh menunjukkan karakteristik pasien dengan FAM yang datang ke poli bedah sebagian besar memiliki profil benjolan terasa nyeri tekan, demam, benjolan umumnya muncul di kuadran lateral atas atau luar atas dari payudara kiri dengan ukuran kecil dan terus tumbuh menjadi besar seiring berjalannya waktu. Faktor risiko kejadian FAM adalah: usia, riwayat tidak menyusui anak, riwayat keluarga, faktor penggunaan alat kontrasepsi hormonal, pola makan, umur menarche, gaya hidup. Prevensi yang dikembangkan adalah: pendidikan kesehatan, penyuluhan kesehatan, pemeriksaan dini dan medical check up, mengurangi penggunaan kontrasepsi hormonal, peningkatan asupan buah-buahan, sayuran, kedelai, dan keju, membatasi konsumsi makanan yang berisiko merangsang pertumbuhan fibroadenoma mammae serta  aktif melakukan aktivitas fisik. Tindakan prevensi kejadian fibroadenoma mammae adalah pendidikan kesehatan sejak dini pada wanita muda dan dewasa usia 17-30 tahun mengenai apa itu fibroadenoma mammae dan bagaimana bentuknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Meditek

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Neuroscience Public Health

Description

Jurnal Kedokteran MEDITEK merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel-artikel dalam lingkup bidang kedokteran dan biomedik secara open access. Proses publikasi artikel melalui proses penelaahan oleh pakar sebidang (peer-review) secara double-blind. Jurnal Kedokteran Meditek berafiliasi pada ...