Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui model pemebelajaran snowball throwing . Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam . Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran snowball throwing dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Sendayan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Sendayan dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam . Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil mengemukakan pendapat siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sebelum tindakan diperoleh rata-rata 60% dengan kategori Kurang Baik. Lalu pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 69% dala kategori Cukup Baik. Dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 84% dan sudah termasuk dalam kategori Sangat Baik.
Copyrights © 2023