Permasalahan yang terjadi yaitu bagaimana meningkatkan keterampilan fotografi siswa pada program Produksi Siaran Program Televisi di SMK Negeri 2 Kuripan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model explicit instruction terhadap peningkatan keterampilan fotografi siswa kelas XI pada program keahlian Produksi Siaran Program Televisi di SMK Negeri 2 Kuripan. Hipotesis sementara model explicit instruction berpengaruh meningkatkan keterampilan fotografi siswa pada mata pelajaran kamera dan cahaya kelas XI Produksi Siaran Program Televisi di SMK Negeri 2 Kuripan. Jenis penelitian yaitu kuantitatif. Metode yang digunakan adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan satu kelompok kelas. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket Skala Likert berjumlah 30 item pernyataan. Populasi penelitian berjumlah siswa 32 siswa. Analisis data penelitian menggunakan Chi-Square. Hasil analisis data menunjukkan nilai x2-hitung= 26,96892, selanjutnya nilai tersebut dikonfirmasikan dengan x2-tabel dengan db (C-1) x (R-1) = (5-1) x (2-1) = 4x1 = 4 dengan taraf signifikan 5% = 9,488 sehingga diketahui x2-hitung lebih besar daripada x2-tabel yaitu (26,96892 > 9,4877). Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil (H0) Ditolak, sedangkan hipotesis alternative (Ha) yang berbunyi “terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction dalam meningkatkan keterampilan fotografi siswa kelas XI Produksi Siaran Program Televisi di SMK Negeri 2 Kuripan’’ Diterima. Hasil penelitian ini menjawab tujuan penelitian yaitu model pembelajaran explicit instruction memiliki pengaruh terhadap meningkatnya keterampilan fotografi siswa kelas XI Produksi Siaran Program Televisi di SMK Negeri 2 Kuripan.
Copyrights © 2023