Indonesian Journal of Economics and Strategic Management
Vol. 2 No. 1 (2024): Vol.2.,No.1.,2024 : March

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN PROFITABILITAS TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS TERHADAP PERUSAHAAN SEKTOR PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE TAHUN 2019-2022)

Yusrina Darayani Fauziyah (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Beti Nurbaiti (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)
Pratiwi Nila Sari (Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengaruh Good Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Terhadap Perusahaan Sektor Perbankan di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2019-2022).Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Good Corporate Governance dan Profitabilitas terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Perbankan yang memiliki laba dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan dari laporan keuangan dengan sampel 27 perusahaan dari tahun 2019-2022dan analisa dengan menggunakan analisis regresi berganda.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proksi Good Corporate Governance, yakni kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan (2) Profitabilitas berpengaruh terhadap kinerja perusahaan (3) Good Corporate Governance dan Profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijesm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Srategic Marketing; Strategic Human Resources; Strategic Finances; Strategic Operations; Banking; Corporate Finance; Business; Management; Accounting; Auditing; Taxation; Investments; Capital ...