EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Metode Hafalan Sima’i pada Penyandang Cerebral Palsy ditinjau dari Segi Psikologi Pendidikan

Asep Abdurahman (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Annisa Fitriyani (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Ari Gumanti (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Dede Wartini (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Tarsono Tarsono (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Anak berkebutuhan khusus seringkali dikaitkan dengan anak yang memiliki gangguan tumbuh kembang, baik secara fisik maupun mental. Untuk mengatasi masalah ini, perlu diberikan layanan pendidikan, bimbingan, dan latihan oleh guru serta orang tua agar anak dapat berkembang maksimal sesuai kebutuhan khususnya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode sima’i dapat mendukung penyandang cerebral palsy dalam menghafal Al-Qur’an. Melalui kajian studi kepustakaan dengan analisis deskriptif, penelitian ini menyajikan hasil secara sistematis dan objektif. Temuan menunjukkan bahwa metode sima’i efektif membantu penyandang cerebral palsy menghafal Al-Qur’an, dan menjadi satu-satunya metode yang berhasil bagi mereka. Buktinya adalah banyaknya anak cerebral palsy yang berhasil menghafal Al-Qur’an sampai 30 juz dengan metode ini. Kesimpulan penelitian ini adalah metode sima’i terbukti efektif mendukung anak berkebutuhan khusus menghafal Al-Qur’an, sesuai dengan kondisi fisik, psikis, dan mental penyandang cerebral palsy

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...