Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat trend pemahaman dan praktik komunikasi politik indonesia di era digital. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Studi literatur bisa didapat dari berbagai sumber baik jurnal, buku, dokumentasi, internet dan pustaka. Komunikasi politik dapat terjadi melalui berbagai cara, termasuk melalui media massa. Misalnya saja pada saat pemilihan umum (Pemilu), beberapa politisi melakukan komunikasi politik untuk bersaing dengan lawannya. Dengan cara ini, pemilu dimenangkan dengan memenangkan atau mempengaruhi hati dan pikiran pemilih. Dalam beberapa situasi komunikasi politik, pemerintah sebagai lembaga eksekutif yang memegang kekuasaan dapat melakukan komunikasi politik dan menyampaikan kebijakan nasional atau situasi terkini kepada masyarakat. Terlihat bahwa komunikasi politik secara umum mempunyai lima unsur yaitu komunikator politik, informasi politik, media politik, tujuan politik, dan efek komunikasi politik. Unsur-unsur tersebut mempunyai elemen yang saling berkaitan sehingga dapat menentukan keberhasilan proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikator politik
Copyrights © 2024