EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Analisis Keterampilan Proses dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbasis Etnomatematika pada Siswa Diskalkulia

Kamid Kamid (Universitas Jambi)
Hasna Hasiibunnisa (Universitas Jambi)
Ade Kumala Sari (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Penelitian berjudul analisis keterampilan proses dalam pemecahan masalah matematika berbasis etnomatematika pada siswa diskalkulia. Latar belakang banyak sekali ditemukan gangguan belajar pada siswa di sekolah untuk memahami dan mencapai keberhasilan dalam pelajaran matematika, salah satunya adalah diskalkulia. Tujuan penelitian menganalisis bagaimana keterampilan proses siswa diskalkulia dalam memecahkan masalah matematika berbasis etnomatematika. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu salah satu siswa yang bersekolah di slbn prof. Dr. Sri soedewi masjchun sofwan, s.h. Dimana memiliki kriteria yaitu mangalami ganguan belajar diskalkulia. Hasil penelitian telah diperoleh terhadap kedua subjek penelitian (s1 dan s2), dapat diketahui bahwa kedua subjek telah melakukan langkah-langkah pemecahan masalah polya yaitu memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Kesimpulan penelitian yang telah dilakukan terhadap 2 orang siswa diskalkulia sdlb kelas 6 di slbn prof. Dr. Sri soedewi masjchun sofwan, s.h. Terdapat siswa yang memiliki gangguan belajar diskalkulia yang rendah dan gangguan belajar diskalkulia yang tinggi dimana dari hasil analisis terhadap keterampilan proses pemecahan masalah berbasis etnomatematika pada kedua subjek penelitian ini memenuhi kesepuluh indikator keterampilan proses yaitu proses mengamati, menghitung, mengukur, mengklasifikasi, menemukan hubungan, membuat prediksi, melaksanakan percobaan, menganalisis data, menginterpretasikan data, dan mengomuniksan hasil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...