EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Kompetensi Pedagogik Guru Kelas: Perencanaan, Penerapan dan Evaluasi dalam Pembelajaran

Cahyana Cahyana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Mubiar Agustin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Kompetensi pedagogik guru berkaitan dengan kemampuan guru dalam mengajar, khususnya dalam perencanaan, pelaksananaan dan evaluasi pembelajaran. Namun, fakta di lapangan masih terdapat guru yang belum memiliki kompetensi pedagogik sehingga pembelajaran tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara kepada guru. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian merujuk pada 3 aspek dalam kompetensi pedagogik yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang dipersentasekan kemudian dikategorikan. Aspek perencanaan memiliki persentase 83,3% sehingga masuk dalam kategori sangat tinggi. Aspek pelaksanaan memiliki persentase 66,7% dan masuk ke dalam kategori tinggi. Sedangkan aspek evaluasi memiliki persentase 75% dan masuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil persentase keseluruhan kompetensi pedagogik guru adalah 75% sehingga termasuk ke dalam kategori tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik guru sudah baik. Implikasi penelitian ini adalah dapat memberikan gambaran terkait kompetensi pedagogik yang harus dimiliki oleh seorang guru agar dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...