EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Sikap Multikultural Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

Bimo Pramono Putro Wibowo (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Sri Buwono (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Hadi Wiyono (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui sikap multikultural mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan subjeknya terdiri dari mahasiswa Program Studi Pendidikan IPS angkatan 2019, 2020, 2021 dan 2022 yang berjumlah 134 mahasiswa dengan 41 laki-laki dan 93 perempuan dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Hasil akhir analisis data diperoleh hasil berdistribusi normal dan tidak berdistribusi normal. Maka kemudian melakukan perhitungan uji hipotesis parametrik dan non parametrik, diperoleh hasil uji mann-whitney u  dengan nilai sebesar 0,0955 > 0,05 yang berarti 0,955 lebih besar dari 0,05, yang berarti tidak ada perbedaan antara sikap multikultural siswa laki-laki dan perempuan. Kemudian dilakukan pula analysis of variance test (ANOVA) dengan hasil sebesar 0,06 > 0,05 yang berarti 0,06 lebih besar dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan sikap multikultural mahasiswa angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022 pada Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak pada tahun ajaran 2022/2023 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...