EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Analisis Manajemen Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Mitrakasih La Ode Onde (Universitas Muhammadiyah Buton)
Nurmin Aminu (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Annisa Rizkayati (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Eka Rosmitha Sari (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)
Nurastuti Nurastuti (Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami praktik manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dalam kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa di SD Kota Baubau. Salah satu metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang merupakan jenis penelitian deskriptif. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh (Iskandar 2022), menunjukkan bahwa deskripsi riset adalah penelitian yang menggunakan teknik seperti pengumpulan data, observasi, dan analisis untuk mensintesis temuan penelitian. Subjek penelitian adalah guru Sekolah Dasar di Kota Baubau. Lokasi Penelitian di SD Kota Baubau. Metode analisis data meliputi pengumpulan data, redaksi data, pengolahan data, pemeriksaan data, penyaringan data, dan pengembangan data. Temuan penelitian ini sangat menyarankan bahwa pengelolaan kelas yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut, guru harus mampu melaksanakan proses pengorganisasian kelas dengan membuat daftar kelas dan tata tertib.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...