Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami praktik manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dalam kelas guna meningkatkan hasil belajar siswa di SD Kota Baubau. Salah satu metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang merupakan jenis penelitian deskriptif. Hal ini sebagaimana dikemukakan oleh (Iskandar 2022), menunjukkan bahwa deskripsi riset adalah penelitian yang menggunakan teknik seperti pengumpulan data, observasi, dan analisis untuk mensintesis temuan penelitian. Subjek penelitian adalah guru Sekolah Dasar di Kota Baubau. Lokasi Penelitian di SD Kota Baubau. Metode analisis data meliputi pengumpulan data, redaksi data, pengolahan data, pemeriksaan data, penyaringan data, dan pengembangan data. Temuan penelitian ini sangat menyarankan bahwa pengelolaan kelas yang baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut, guru harus mampu melaksanakan proses pengorganisasian kelas dengan membuat daftar kelas dan tata tertib.
Copyrights © 2023