EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 6 (2023): December

Analisis Keterampilan Menyimak Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Kota Samarinda

Hani Subakti (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilatarbelakangi dengan adanya beberapa siswa yang memiliki kendala dalam menyimak sehingga peroses pembelajaran menjadi kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menyimak pada siswa kelas VB di SDN 015 Sungai Pinang, Kota Samarinda. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Triangulasi sumber digunakan untuk menguji keabsahan data yang  dilakukan dengan cara mengecek data yang diperoleh melalaui tiga sumber. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di kelas VB SDN 015 Sungai Pinang, Kota Samarinda yaitu terdapat 6 siswa yang memiliki kendala dalam menyimak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bawa beberapa penyebab yang memengaruhi keterampilan menyimak siswa adalah seperti siswa sulit berkonsentrasi atau fokus, pengaruh lingkungan yang berisik, ruang kelas yang pengap dan juga pengaruh fisik seperti siswa merasa lapar saat jam pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa keadaan lingkungan dan fisik sangat memengaruhi konsentrasi ataupun fokusnya siswa dalam proses menyimak pembelajaran. Hal inilah yang menyebabkan adanya kendala pada keterampilan menyimak siswa. Sehingga membuat proses pembelajaran berjalan kurang maksimal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...