EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 1 (2024): February

Bela Negara sebagai Tonggak Peradaban Jiwa Patriotisme Generasi Muda Era 5.0

Imam Syafi’i (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Izzatun Naimah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
M Fahmi Ardiansyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)
Sirli Nailatur Rif’ah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Bela Negara sebagai tonggak peradaban jiwa patriotisme merupakan teori yang sangat subtansial di era 5.0, di mana generasi muda mempunyai kapasitas alternatif dalam menghadapi tantangan masa depan. Tujuan dalam penulisan artikel guna membentuk generasi muda yang bisa diandalkan untuk menjadi pemasok perubahan, baik di jenjang teritorial maupun universal. Metode penelitian ini dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, dianalisis dengan berbagai konsep yang dijadikan sebagai referensi untuk menanggulangi permasalahan yang sedang diteliti. Era 5.0 dibuktikan oleh kemajuan teknologi yang ekspres dan transfigurasi sosial yang mendalam. Pada konteks ini, bela negara menjadi important foundation dalam menegakkan jiwa patriotisme pada generasi muda. Pendidikan mempunyai peran urgent dalam menciptakan jiwa patriotisme generasi muda. Selain itu, pelatihan skill, kepemimpinan, dan selfdevelopment harus menjadi bagian dari pendidikan bela negara. Generasi muda perlu memiliki kognisi yang otentik terhadap dampak media sosial dan keahlian digital dalam membangun impresi, tindakan, dan respons terkait dengan Bela Negara dan patriotism, melalui pengetahuan, konstribusi aktif, dan ekpansi moral, generasi muda akan menjadi antusiasme yang mampu menghadapi tantangan masa depan dan menjaga keberlanjutan peradaban jiwa patriotisme. Oleh karena itu, sebagai tonggak peradaban jiwa patriotisme generasi 5.0, bela negara memiliki tujuan penting untuk membangun generasi muda yang tangguh, bertanggung jawab, dan sangat berkomitmen terhadap negara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...