Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Vol. 1 No. 1 (2019): Juni

UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VI SDN MEDOKAN AYU II/615 SURABAYA

Sunarsih Sunarsih (SDN Medokan Ayu II/ 615 Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2019

Abstract

Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VI di SDN Medokan Ayu II / 615 Surabaya Tahun 2018/2019 Tahun Akademik dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Medokan Ayu II / 615 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan sebelum tindakan atau kondisi awal sebelum pelaksanaan tindakan adalah 31,8% atau 10 siswa dari 29 siswa yang termasuk dalam persentase ketuntasan klasikal dengan rata-rata kemandirian belajar siswa sebanyak 14,6 kemandirian belajar kelas. Siklus I menghasilkan skor rata-rata dengan persentase ketuntasan klasikal siswa 48,2% atau sebanyak 14 siswa dari 29 siswa. Pada siklus II, kemandirian belajar kelas rata-rata adalah 93% sebanyak 27 siswa dari 29. Dengan demikian, secara klasik kemandirian belajar siswa telah mencapai indikator kinerja dalam penelitian. Dalam penelitian ini, tidak semua siswa memperoleh nilai kemandirian belajar yang lengkap ( ‰¥16). Ada 2 siswa yang memperoleh nilai-nilai kemandirian belajar yang tidak diajarkan (<16). Berdasarkan hasil angket kemandirian belajar pada siswa kelas enam SDN Medokan Ayu II / 615 Surabaya, ketuntasan klasik kemandirian belajar siswa adalah 93% atau 27 siswa dari 29 siswa dengan nilai tertinggi dan skor 2 terendah adalah 7%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Muaddib

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to ...