cover
Contact Name
Agustiarini Eka Dheasari
Contact Email
jurnalmuaddib@gmail.com
Phone
+6281364890080
Journal Mail Official
agustiarinieka@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta 94-B, Kota Probolinggo, Jawa Timur
Location
Kota probolinggo,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
ISSN : 27230805     EISSN : 26859149     DOI : https://doi.org/10.46773/muaddib.v2i1
Core Subject : Religion, Education,
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at education. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals
Articles 57 Documents
RELEVANSI PEMIKIRAN KH. ACHMAD DAHLAN DAN KH.HASYIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN Nur Khosiah
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 1, No 1 (2019): Juni
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.22

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan peradaban manusia karena dengan pendidikan kehidupan ini lebih terarah dan tidak semaunya sendiri. Pendidikan Islam merupakan salah satu cara bagaimana kita menyikapi peradaban manusia yang semakin berkemajuan agar tetap menjadi manusia seutuhnya yaitu manusia yang berprilaku sesuai dengan ajaran Islam yaitu Alqur’an dan Hadist. Dalam kajian ini penulis tertarik  dengan pendapat dua tokoh besar Ulama Indonesia yaitu KH. Achmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan Islam di era modern saat ini, Dua tokoh besar ini mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia yaitu dengan mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah oleh KH. Achmad Dahlan yang didirikan di yogyakarta tahun 1912 yang mendapat sebutan kota Budaya  dan nahdlatul Ulama oleh KH. Hasyim Asy’ari yang didirikan di Surabaya tahun 1926 dengan sebutan kota Pahlawan. Beliau berdua ini mempunyai pemikiran yang sangat cemerlang  bangsa Indonesia berkemajuan tanpa mengenyampingkan urusan agama karena era modern saat ini tanpa adanya pendidikan yang relevan tentunya akan membawa dampak yang buruk pada generasi Indonesia, banyaknya kebudayaan barat, kecanggihan tehnologi yang masuk ke Indonesia akan mempengaruhi pola berfikir generasi bangsa Indonesia, agar tetap tercipta kehidupan yang damai  salah satu caranya adalah melalui pendidikan Islam
HUBUNGAN ANTARA METODE BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI Ulfatun Hasanah
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 2, No 1 (2020): April
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.76

Abstract

Penelitian kuantitatif ini dilakukan untuk memberikan penguatan secara teoritis terhadap konstribusi metode belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. .  Hasil pengujian regresi ganda menunjukkan bahwa koefisien determinasi (r2) sebesar 0,366 Nilai koefisien determinasi tersebut menunjukkan besarnya sumbangan dari kedua variabel bebas terhadap variabel terikat. Sumbangan tersebut berarti Metode Belajar dan Motivasi Belajar menghubungkan 21%. hasil Hasil Belajar Siswa. sedangkan sisanya sebesar 79% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU Usman Usman
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 2, No 2 (2020): Oktober
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i2.86

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, terhadap kinerja guru (2) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (3) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru,  Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi  yang dipakai di penelitian ini adalah guru-guru madrasah ibtidaiyah se-kecamatan leces kabupaten probolinggo sebanyak 30 orang. Keseluruhan dari populasi digunakan sebagai sampel untuk menghindari kesalahan yang relatif kecil atau disebut dengan sampling jenuh.. Hasil analisis data menunjukkan: Kesimpulan berdasarkan hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja (X2) mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja guru (Y), dengan kontribusi yang diberikan sebesar 2,54 %. Pengaruh positif tersebut menunjukkan bahwa semakin baik motivasi kerja (X2), maka kinerja guru (Y) juga semakin baik. Pengujian regrcsi sederhana antara kepemimpinan kepala sekolah (X1) mempunyai pengaruh positif terhadap kinerja guru (Y) dengan kontribusi yang diberikan sebesar 28,2%. Secara simultan (pengujian dengan uji F) menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja guru (X2) dan kepemimpinan kepala sckolah (X1) secara bersama-sama terhadap kinerja guru (Y), dimana nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 < 0,05 (a=5%) menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan "terdapat pengaruh positif yang sinifikan antara motivasi kerja guru, kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dalam proses belajar mengajar diSekolah MI di Kecamatan Leces", terbukti kebenarannya
KREATIVITAS DAN PROFESIONALITAS GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKJ DI SMK AN–NUR SUMBERTAMAN KOTA PROBOLINGGO Dewi Annisa
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 2, No 1 (2020): April
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.72

Abstract

Guru sebagai fasilitator belajar mempunyai peran utama dalam membawa proses pendidikan peserta didik di lingkungan belajar. Tolak ukur keberhasilan belajar peserta didik adalah prestasi belajar yang dimotori oleh kreativitas dan profesionalitas guru. Dalam penelitian ini  kreativitas dan profesionalitas guru dijadikan acuan untuk melihat hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di Kelas X TKJ di SMK AN–NUR Sumbertaman Kota Probolinggo. Dengan menggunakan metode penelitin deskriptif kualitatif peneliti melakukan observasi dan interview terhadap guru PAI guna melihat bagaimana keatifitas dan profesionalitas yang diterapkan dalam  meningkatkan prestasi belajar siswa.  Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Kreativitas dan Profesionalitas Guru PAI dalam meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X TKJ di SMK AN–NUR Sumbertaman Kota Probolinggo memiliki daya kreativitas dan profesionalitas yang terlahir dari ide-ide guru yang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Guru mengembangkan metode pembelajaran dengan menggunakan kombinasi dari beberapa metode pembelajaran agar lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan materi. Sehingga materi mudah dipahami oleh siswa dan berdampak pada meningkatnya prestasi belajar siswa. Sedangkan kemampuan profesional digambarkan dengan kemampuan menguasai bidang studi dari guru mengajar memiliki persiapan dan  kompetensi bidang pengajaran yang dimilikinya.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN JEMUR WONOSARI III/526 SURABAYA Suprobowati Suprobowati
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 1, No 1 (2019): Juni
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.41

Abstract

The application of quantum learning method as a means to improve the ability to write description in fourth grade students of SDN Jemur Wonosari III/526 Surabaya  . After the researchers explain about the application of quantum learning methods to teachers and their advantages, the teacher also agreed to apply the method of quantum learning in learning to write a description. Through the method of quantum learning is expected to foster interest and activity of students in learning to write a description. Such interest and interest will foster students 'enjoyment in learning that will ultimately improve students' learning abilities and learning outcomes. Therefore this research entitled "Improvement of Descriptive Writing Skill with Implementation of Quantum Learning Method on Grade IV Students of SDN Jemur Wonosari III/526 Surabaya  .The application of quantum learning method can improve the learning process of writing description in fourth grade students of SDN Jemur Wonosari III/526 Surabaya  . This is evidenced by the increased learning process, which includes: (a) increasing student activeness when following apersepsi. It can be seen from the increase of student activeness when following apersepsi at each cycle. In the first cycle students activeness when following apersepsi by 72%, on the second cycle of 92%; (b) increased activity and attention during learning. This is evidenced by the increased activity of students in responding to the stimulus provided by the teacher (asking, answering, responding, naming) and attention at the time of learning in each cycle. Cycle I active students follow the learning activities by 72%. In the next cycle the activity of students during the learning activities has increased significantly. The increase is 80% in cycle II; (c) the increased motivation and interest of students in following the learning of writing the description. This seems apada sincerity of students while doing the task and enthusiasm and spirit of students while following the learning activities. In the first cycle students who seem interested and motivated as much as 64%, in the next cycle increased to 81% in cycle II.
PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Lutfiatul Jannah
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 2, No 2 (2020): Oktober
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i2.84

Abstract

The rise of moral degradation that occurred in Indonesia until now is still a fetter for the community, especially among young people who are the nation's successors. Various kinds of criminal acts experienced a rapid increase. Promiscuity among adolescents, even at the elementary school level that is still underage, drug abuse and illegal drugs, bullying in schools, corruption, collusion and nepotism are increasingly rampant, domestic violence (domestic violence), human trafficking online , theft and even kidnapping and so on. One of the main factors in the occurrence of various kinds of criminal acts is moral degradation caused by the negative influence of Western culture and mindset that is too vulgar and not in accordance with prevailing norms. Indonesia, the majority of the population embraces Islam, the author will answer two problems, the first is to understand character education, and second is how the concept of character education in the perspective of the Qur'an.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TERPADU MELALUI PENGGUNAAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 44 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Sukinah Sukinah
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 1, No 2 (2019): Oktober
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.69

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan metode CTL (contectual teaching and Learning ). Penelitian ini masalah yang akan dibahas adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengkonstruksi, menemukan, bertanya dan mengemukakan pendapat bekerja sama dengan kelompok, menjelaskan dengan model dan melakukan refleksi pada siswa Kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode ini sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada aspek Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan pada siklus I dan II. 
OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM POSTMODREN DALAM PENDEKATAN KITAB KLASIK ALALA Ulil Hidayah
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 1, No 1 (2019): Juni
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.19

Abstract

Pola pemikiran manusia yang berada di era postmodern banyak meningggalkan corak modernitas. Pendidikan sebagai media belajar yang mengasah pemikiran manusia juga telah sampai pada suatu corak berpikir postmo. Pendidikan Islam dalam era postmodern ini perlu melakukan evaluasi sebagai upaya mengoptimalkan tujuan dan nilai-nilai pendidikan Islam melalui kitab klasik yang masih relevan hingga era saat ini. Corak pemikiran postmodern yang memandang kebenaran adalah relative perlu dikuatkan ulang melalui pemikiran tokoh ulama klasik yang merumuskan bahwa dalam proses pendidikan dan pembelajarn  itu akan berjalan sempurna dengan syarat: (1)memiliki kecerdasan (2)rajin dalam setiap hal yang berkaitan dengan belajar, (3)sabar menghadapi tantangan belajar dan tidak mengedepankan emosi negative, (4)biaya dalam belajar harus ada, (5)guru yang professional di bidangnya, (5)waktu yang relative lama dalam belajar. Analisis dari enam syarat utama yang diterapkan dalam proses belajar dalam kitab klasik Alala masih berlaku di era postmodern ini sebagai kebenaran yang mutlak untuk terus di jadikan pedoman sebagai optimlisasi pendidikan Islam yang terus berkembang di semua zaman sesuai tujuan yang diharapkan.
PEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK GENERASI MILLENIAL DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG Nanang Khosim; I’anatut Thoifah
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 2, No 2 (2020): Oktober
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i2.89

Abstract

There are many graduates of Islamic religious universities who have not been able to read Qur’an, even, it is stated in the statistical data center that 54 percent of all Muslims in Indonesia cannot read Qur’an. Therefore, this study investigates the patterns of Qur’an Learning and the obstacle factors during the implementation of the program.In obtaining the data, this descriptive qualitative research uses observation, interviews, and documentation which are analyzed as the results of the study.The results of this study indicated that the learning patterns implemented in Al Qur’an Literacy Program at Muhammadiyah University of Malang are the patterns of teacher and media. In other words, the teachers make use of various learning media as the learning sources. Although not all patterns are not fully applied by the teachers, the patterns which have been carried out by the teachers were quite well by arranging better plans during the implementation of the program. Meanwhile, the obstacle factors of this program are the students are not able to learn individually due to the lack of meetings which requires personal awareness of students who learn Qur’an to increase literacy through inquiry learning. Besides, no institution can back up the program after the completion of Al Qur’an Literacy Program as the balancing and evaluation of achieving the target of graduates in the program of Al Qur’an Literacy.
HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DAN KOMPETENSI GURU PAI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK Ririn Apriliningsih
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 2, No 1 (2020): April
Publisher : LP2M STAI Muhammadiyah Probolinggo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46773/muaddib.v2i1.73

Abstract

Penelitian dengan pendekatan kuantitatif ini untk mendeskripikan Hubungan Interaksi Edukatif Dan Kompetensi Guru PAI Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat hubungan positif dan signifikan antara Interaksi Edukatif dan Kompetensi guru PAI terhadap Pembentukan karakter peserta didik SMK Negeri 1 Bayuanyar Kabupaten Probolinggo. Hal ini dibuktikan dengan nilai R hitung sebesar 0,479 dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (p<0,05) dan nilai R2 sebesar 0,229, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh Interaksi Edukatif dan Kompetensi guru PAI secara bersama-sama terhadap Pembentukan karakter peserta didik adalah sebesar 22,9 % sedangkan 77,1 % dipengaruhi variable lain.