Al-Muaddib : Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Muaddib: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan which is managed by Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) of STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year and serves as a tool for researchers, academics and practitioners interested in basic education and learning studies and wish to channel their thoughts and findings, especially in relation to studies in science at education. The articles contained are the results of research, scientific and critical and comprehensive review of the important and current issues covered in the journals
Articles
132 Documents
OPTIMALISASI PENDIDIKAN ISLAM POSTMODREN DALAM PENDEKATAN KITAB KLASIK ALALA
Ulil Hidayah
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.19
Pola pemikiran manusia yang berada di era postmodern banyak meningggalkan corak modernitas. Pendidikan sebagai media belajar yang mengasah pemikiran manusia juga telah sampai pada suatu corak berpikir postmo. Pendidikan Islam dalam era postmodern ini perlu melakukan evaluasi sebagai upaya mengoptimalkan tujuan dan nilai-nilai pendidikan Islam melalui kitab klasik yang masih relevan hingga era saat ini. Corak pemikiran postmodern yang memandang kebenaran adalah relative perlu dikuatkan ulang melalui pemikiran tokoh ulama klasik yang merumuskan bahwa dalam proses pendidikan dan pembelajarn itu akan berjalan sempurna dengan syarat: (1)memiliki kecerdasan (2)rajin dalam setiap hal yang berkaitan dengan belajar, (3)sabar menghadapi tantangan belajar dan tidak mengedepankan emosi negative, (4)biaya dalam belajar harus ada, (5)guru yang professional di bidangnya, (5)waktu yang relative lama dalam belajar. Analisis dari enam syarat utama yang diterapkan dalam proses belajar dalam kitab klasik Alala masih berlaku di era postmodern ini sebagai kebenaran yang mutlak untuk terus di jadikan pedoman sebagai optimlisasi pendidikan Islam yang terus berkembang di semua zaman sesuai tujuan yang diharapkan.
UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR IPA PADA MATERI GAYA DAN GERAK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VI SDN MEDOKAN AYU II/615 SURABAYA
Sunarsih Sunarsih
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.21
Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VI di SDN Medokan Ayu II / 615 Surabaya Tahun 2018/2019 Tahun Akademik dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VI SDN Medokan Ayu II / 615 Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan sebelum tindakan atau kondisi awal sebelum pelaksanaan tindakan adalah 31,8% atau 10 siswa dari 29 siswa yang termasuk dalam persentase ketuntasan klasikal dengan rata-rata kemandirian belajar siswa sebanyak 14,6 kemandirian belajar kelas. Siklus I menghasilkan skor rata-rata dengan persentase ketuntasan klasikal siswa 48,2% atau sebanyak 14 siswa dari 29 siswa. Pada siklus II, kemandirian belajar kelas rata-rata adalah 93% sebanyak 27 siswa dari 29. Dengan demikian, secara klasik kemandirian belajar siswa telah mencapai indikator kinerja dalam penelitian. Dalam penelitian ini, tidak semua siswa memperoleh nilai kemandirian belajar yang lengkap ( ‰¥16). Ada 2 siswa yang memperoleh nilai-nilai kemandirian belajar yang tidak diajarkan (<16). Berdasarkan hasil angket kemandirian belajar pada siswa kelas enam SDN Medokan Ayu II / 615 Surabaya, ketuntasan klasik kemandirian belajar siswa adalah 93% atau 27 siswa dari 29 siswa dengan nilai tertinggi dan skor 2 terendah adalah 7%.
RELEVANSI PEMIKIRAN KH. ACHMAD DAHLAN DAN KH.HASYIM ASY’ARI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MODERN
Nur Khosiah;
Sofia Sofia;
Islamiah Islamiah
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.22
Pendidikan sangat penting dalam kehidupan dan peradaban manusia karena dengan pendidikan kehidupan ini lebih terarah dan tidak semaunya sendiri. Pendidikan Islam merupakan salah satu cara bagaimana kita menyikapi peradaban manusia yang semakin berkemajuan agar tetap menjadi manusia seutuhnya yaitu manusia yang berprilaku sesuai dengan ajaran Islam yaitu Alqur’an dan Hadist. Dalam kajian ini penulis tertarik dengan pendapat dua tokoh besar Ulama Indonesia yaitu KH. Achmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan Islam di era modern saat ini, Dua tokoh besar ini mempunyai cara tersendiri dalam mengembangkan pendidikan Islam di Indonesia yaitu dengan mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah oleh KH. Achmad Dahlan yang didirikan di yogyakarta tahun 1912 yang mendapat sebutan kota Budaya dan nahdlatul Ulama oleh KH. Hasyim Asy’ari yang didirikan di Surabaya tahun 1926 dengan sebutan kota Pahlawan. Beliau berdua ini mempunyai pemikiran yang sangat cemerlang bangsa Indonesia berkemajuan tanpa mengenyampingkan urusan agama karena era modern saat ini tanpa adanya pendidikan yang relevan tentunya akan membawa dampak yang buruk pada generasi Indonesia, banyaknya kebudayaan barat, kecanggihan tehnologi yang masuk ke Indonesia akan mempengaruhi pola berfikir generasi bangsa Indonesia, agar tetap tercipta kehidupan yang damai salah satu caranya adalah melalui pendidikan Islam
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGGUNAKAN MEDIA CD FLASH ANIMATION MELALUI SUPERVISI TEKNIK DEMONSTRATION TEACHING DI SDN MULYOREJO I/237 SURABAYA
Imam Suryadi
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.23
Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Sekolah yang mendeskripsikan “Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas Dalam Melaksanakan Pembelajaran Menggunakan Media CD Flash Animation melalui pelaksanaan supervisi dengan teknik demonstration teaching di SDN Mulyorejo I/237 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Supervisi dengan teknik demonstration teaching dapat dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kemampuan guru kelas dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media CD flash animation di SDN Mulyorejo I/237 Surabaya . Hal ini terlihat dari tingkat kemampuan guru pada siklus I dan siklus II tiap aspek. pada aspek 1 Menggunakan media CD flash animation meningkat dari 63% pada siklus I menjadi 73,7% . Pada Aspek 2 kemampuan guru cara merencanakan kegiatan pembelajaran meningkat dari 58,7% pada siklus I menjadi 71,5% pada siklus II. pada aspek 3 kemampaun guru dalam Aktivitas guru di kelas selama pembelajaran berlangsung. Meningkat dari 61,8 % menjadi 76,3 % pada siklus II. Sepervisi klinis yang diterapkan mampu mengatasi kesulitan dan hambatan guru dalam merencanakan proses pembelajaran
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS IV SDN JEMUR WONOSARI III/526 SURABAYA
Suprobowati Suprobowati
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.41
The application of quantum learning method as a means to improve the ability to write description in fourth grade students of SDN Jemur Wonosari III/526 Surabaya . After the researchers explain about the application of quantum learning methods to teachers and their advantages, the teacher also agreed to apply the method of quantum learning in learning to write a description. Through the method of quantum learning is expected to foster interest and activity of students in learning to write a description. Such interest and interest will foster students 'enjoyment in learning that will ultimately improve students' learning abilities and learning outcomes. Therefore this research entitled "Improvement of Descriptive Writing Skill with Implementation of Quantum Learning Method on Grade IV Students of SDN Jemur Wonosari III/526 Surabaya .The application of quantum learning method can improve the learning process of writing description in fourth grade students of SDN Jemur Wonosari III/526 Surabaya . This is evidenced by the increased learning process, which includes: (a) increasing student activeness when following apersepsi. It can be seen from the increase of student activeness when following apersepsi at each cycle. In the first cycle students activeness when following apersepsi by 72%, on the second cycle of 92%; (b) increased activity and attention during learning. This is evidenced by the increased activity of students in responding to the stimulus provided by the teacher (asking, answering, responding, naming) and attention at the time of learning in each cycle. Cycle I active students follow the learning activities by 72%. In the next cycle the activity of students during the learning activities has increased significantly. The increase is 80% in cycle II; (c) the increased motivation and interest of students in following the learning of writing the description. This seems apada sincerity of students while doing the task and enthusiasm and spirit of students while following the learning activities. In the first cycle students who seem interested and motivated as much as 64%, in the next cycle increased to 81% in cycle II.
PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN HUMAS DI SMK NEGERI 1 SURABAYA
Siti Nurmala
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.42
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitianini adalah siswa XII.APK-1 SMK NEGERI 1 Surabaya, data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar Mata Pelajaran Human dan Keprotokolan SMK NEGERI 1 Surabaya. Dari hasil analis didapatkan, Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif Pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing, memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil ketuntasan belajar siswa Kelas XII.APK-1 SMK Negeri 1 Surabaya yang dicapai setelah pembelajaran Kooperatif Tipe Role Playing pada materi Prestasi belajar Mata Pelajaran Human Dan Keprotokolan siswa dalam kelompok social mengalami peningkatan mulai dari siklus I sampai dengan silkus III dan mencapai ketuntasan Pada pertemuan pertama (Postes) siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dari 31 siswa atau 20.5 % . Pada pertemuan kedua(siklus I) mengalami peningkatan siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau 51.28 %, Sedangkan pada pertemuan ketiga (siklus II) lebih meningkat lagi siswa yang tuntas sebanyak 30 siswa atau 76.92 % dan pertemuan terakhir siklus III 100 %.
PENINGKATAN PEMAHAMAN GEOMETRI DAN PENGUKURAN PADA TEMA BUDI PEKERTI MELALUI METODE DEMONSTRASI KELAS III SDN SUMBEREJO II KECAMATAN PAKAL KOTA SURABAYA
Sutriani Sutriani
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.43
To improve the students' mastery of the subject matter, the authors carry out the improvement of learning through Classroom Action Research (PTK). In relation to the above, the author would like to research with the title: Improved Understanding of Geometry and Measurement On Theme of Character Through Class III Demonstration Method SDN Sumberejo II Kecamatan Pakal Kota Surabaya . Based on the result of learning improvement on cycle I the lowest value is 40; average class 55,75; mastery learning 17% or 4 students from 24 students; and the material mastery level reaches 17%. This means that the results of the improvement of learning cycle I have not reached the criteria of success of planned improvements. In other words, in this cycle I, through repeated addition method of demonstration and repeated reduction in the learning of mathematics can not improve the understanding of multiplication concept and distribution in class III SDN Sumberejo II Kecamatan Pakal Kota Surabaya academic year 2017/2018.In cycle II the lowest value is 50; average grade 75,5; mastery learning 58% or 18 students from 24 student students: and the material mastery level reached 58%. This means that the result of the improvement of learning cycle II has not reached the planned success improvement criteria. In cycle II the lowest value is 60; average grade 80,5; mastery learning 92% or 22 students from 24 student students: and material mastery level reached 92%. This means that the result of the improvement of learning cycle II has reached even beyond the criteria of success of planned improvements. In other words, in cycle II through the method of repeated addition summation and repetitive reduction can improve the understanding of multiplication concepts and the division of mathematics learning in class III SDN Sumberejo II Kecamatan Pakal Kota Surabaya academic year 2017/2018
MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SMP NEGERI 13 SURABAYA
Juwari Juwari
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 1 (2019): Juni
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i1.44
The researcher wants to study scientifically by carrying out a study entitled "Improving Teacher Performance in Learning in Schools through Academic Supervision in SMP Negeri 13 Surabaya 2017/2018 academic year. this study uses the action research model of each cycle including planning (plan), action (action), observation (observation), and reflection (reflection). the results of the study indicate that the implementation of academic supervision can affect the improvement of teacher performance in learning activities. Individual supervision with a collaborative approach has an influence on improving the performance of teachers in SMP Negeri 13 Surabaya , both components of learning planning and components of learning implementation.
PEMANFAATAN KARTU BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS III SDN DUKUH PAKIS I/486 SURABAYA
Herlyn Yuliantine
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.66
Penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dengan menggunakan kartu angka dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas tiga SDN Dukuh Pakis I / 486 Surabaya tahun akademik 2018/2019 pada mata pelajaran perkalian. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kooperatif dengan memanfaatkan kartu bilangan dapat meningkatkan ketrampilan berhitung siswa pada pokok bahasan perkalian.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI PERMAINAN LEMPAR DADU UNTUK ANAK KELOMPOK A2 DI TK RADEN PAKU KECAMATAN SUKOLILO KOTA SURABAYA
Nurul Hidayah
AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 1 No. 2 (2019): Oktober
Publisher : LPPM STAI Muhammadiyah Probolinggo
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.46773/muaddib.v1i2.67
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untk meningkatkan pengenalan berhitung bagi anak Kelompok A2 TK raden Paku. Dengan melakukan penelitian ini ditemkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan melempar angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak kelompok A2 di TK Raden Paku Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. Peningkatan ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai kemampuan berhitung pada setiap siklusnya. Sebelum dilakukan tindakan, prosentase ketuntasan belajar anak adalah 20%. Pada siklus I nilai ketuntasan belajar anak meningkat sebanyak 30% sehingga menjadi 50%. Pada siklus II nilai ketuntasan belajar anak naik secara signifikan menjadi 80%, yang artinya telah mencapai kriteria ketuntasan penelitian.