Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV MI Nurul Islam tahun pelajaran 2022/2023. Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar upaya melatih siswa untuk aktif, terampil, dan kreatif agar dapat menyelesaikan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pemahaman konsep matematika sejak dini sangat penting ditanamkan, agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Islam dengan jumlah siswa 9 anak. Elemen yang di deskripsikan hasilnya dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yaitu siswa yang memiliki tingkat kemampuan yang tinggi, sedang, dan rendah. Data dianalisis berdasarkan tahap perkembangan berpikir siswa dan untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara pemahaman dan soal tes yang dibuat oleh peneliti. Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Aktif, Terampil, Kreatif.
Copyrights © 2023