AL JABAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
Vol. 2 No. 1 (2023): Januari

ANALISIS PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Husnia Husnia (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)
Husnul Hotimah (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)
M. Wahyudi (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)
Pratiwi Dwi Warih Sitaresmi (STAI MUHAMMADIYAH PROBOLINGGO)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV MI Nurul Islam tahun pelajaran 2022/2023. Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar upaya melatih siswa untuk aktif, terampil, dan kreatif agar dapat menyelesaikan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu pemahaman konsep matematika sejak dini sangat penting ditanamkan, agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Islam dengan jumlah siswa 9 anak. Elemen yang di deskripsikan hasilnya dengan pendekatan pendidikan matematika realistik yaitu siswa yang memiliki tingkat kemampuan yang tinggi, sedang, dan rendah. Data dianalisis berdasarkan tahap perkembangan berpikir siswa dan untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik wawancara pemahaman dan soal tes yang dibuat oleh peneliti. Kata Kunci: Pendidikan Matematika Realistik, Aktif, Terampil, Kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Al-Jabar

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Al Jabar: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika is an open access and peer-reviewed journal of Mathematics and Mathematics Education published by the Prodi Tadris Matematika STAI Muhammadiyah Probolinggo. This journal is published twice a year (June and December) in both print and online ...