Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 1 No. 1 (2020): Juli

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI TK GOTONG ROYONG KECAMATAN SIMOKERTO SURABAYA

Rahayu Ida Hernawati (STAI Muhammadiyah Probolinggo)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Penelitian menggunakan desain model putaran spiral. Model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart menggunakan empat komponen penelitian dalam setiap langkah (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi). Penelitian ini dilaksanakan di TK Gotong Royong Kecamatan Simokerto Surabaya . Dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2018-2019. Subjek pada penelitian ini adalah anak Kelompok A1 yang berusia 3-4 tahun di TK Gotong Royong Kecamatan Simokerto Surabaya   yang berjumlah 10 anak. Terdiri dari 6 laki-laki dan 4 perempuan. Berdasarkan penelitian motorik kasar ini, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara dua jenis kelamin. Hasil ini didukung oleh Sarihasih (2015), yang menyebutkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan motorik kasar anak-anak di pedesaan dan perkotaan pada kelompok B. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa anak-anak berusia lima tahun memiliki kinerja potensi musik yang berbeda dan perkembangan motorik kasar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Al-Athfal

Publisher

Subject

Education

Description

AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak,(E-ISSN :2723-0813) |(P-ISSN:2723-245X) is an open access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. AL-ATHFAL receives articles in Indonesian, English, and Arabic. This journal publishes articles twice a year in July and ...