Menerapkan pembelajaran bercerita melalui panggung boneka anak kelas B yang berusia 3-4 tahun dengan menunjukkan berbagai peristiwa yang ada disekitar anak. Untuk menarik minat anak, guru dapat menunjukkan peristiwa tersebut dengan tampilan boneka animasi pada saat pembelajaran. Sasaran pemantauan adalah efektivitas penerapan pembelajaran berbasis multimedia yang ditunjukkan dengan keterlibatan anak, keaktifan anak baik fisik ataupun mental, serta peningkatan pemahaman anak bercerita. Melakukan pengumpulan data dan menghitung presentase tingkat keberhasilan pemahaman bercerita. Pada tahap ini, peneliti menentukan strategi untuk materi baru sebagai dasar perbaikan untuk menyusun tindakan selanjutnya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah perkembangan aspek menerima bahasa sudah mencapai 77% atau sebanyak 16 anak, aspek mengungkap bahasa mencapai 78% atau sebanyak 17 anak, aspek keaksaraan mencapai 80% atau sebanyak 19 anak. Hal ini sudah sesuai dengan target peneliti yaitu antara 75% sampai dengan 85%
Copyrights © 2020