Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 2 No. 2 (2021): Desember

STRATEGI PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI DI PAUD ANGREK

Mimbar Oktaviana (Unknown)
Aulia Singa Zanki (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi selama pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Partisipan penelitian yang   digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini berasal dari suluruh guru PAUD Angrek dan empat walimurid yang dipilih secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAUD Angrek yaitu: 1) pembelajaran daring, 2) pembelajaran luring berkelompok, 3) Project Based Learning, 4) Homevisit. Selama pandemi Covid-19 penggunaan sistem pembelajaran daring atau luring saja sesuai dengan anjuran pemerintah dirasa kurang karena masing-masing memiliki kelemahan, untuk itu perlu dilakukan kolaborasi sistem pembelajaran untuk memaksimalkan proses belajar mengajar yang dilakukan. Meskipun guru di PAUD Angrek melaukan kolaborasi sistem pembelajaran tetap ditemukan kendala pembelajaran selama pandemi Covid-19 yaitu: 1) kesiapan guru dan walimurid, 2) kurangnya sarana dan prasarana, 3) rendahnya motivasi dan minat siswa terhadap pembelajaran.Kata Kunci : Kolaborasi, Strategi Pembelajaran, Pandemi Covid-19

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-Athfal

Publisher

Subject

Education

Description

AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak,(E-ISSN :2723-0813) |(P-ISSN:2723-245X) is an open access journal containing research articles in the field of Early Childhood Education. AL-ATHFAL receives articles in Indonesian, English, and Arabic. This journal publishes articles twice a year in July and ...