Malcom: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science
Vol. 4 No. 2 (2024): MALCOM April 2024

Analisa Kepuasan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Menggunakan Framework PIECES (Kelas RPL): Satisfaction Analysis Google Classroom as an Online Learning Media Using the PIECES Framework (RPL Class)

Nanang Junaedi (Universitas Merdeka Madiun)
Noor Fitria Azzahra (Universitas Merdeka Madiun)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2024

Abstract

Kepuasan pengguna sistem informasi adalah tolak ukur baik tidaknya sebuah sistem informasi. Proses pengukuran SI dapat dilakukan dengan banyak cara. Adapun penelitian ini akan menggunakan pengukuran Kepuasan Aplikasi Classroom dengan PIECES Framework, Wabah COVID-19 saat ini memang sudah dinyatakan berakhir oleh pemerintah, tetapi pembelajaran tetap tidak bisa langung dialihkan ke pembelajaran Luring dikarenan jika sewaktu-waktu wabah COVID dengan mutasi baru menyerang maka otomatis pembelajaran akan berhenti lagi, oleh karena itu pembelajaran sekarang menggunakan metode hybrid, dimana melaksanakan secara daring dan luring. Dunia pendidikan pun mengalami imbas yang signifikan sehingga tatap muka dibantu dengan media virtual dan Classrom berperan sebagai sebagai media daring disamping tatap muka di kelas sebagai luringnya. Adapun alasan kami memilih metode ini karena metode ini adalah metode yang paling spesifik dalam mengukur kinerja sebuah sistem informasi. Metode analisa PIECES Framework, yang memiliki beberapa domain atau poin analisa, yakni: Performance, Informations and Data, Economics, Control and Security, Efficiency, and Service, setiap domain analisa adalah referensi yang relevan untuk mengevaluasi dan menganalisa Aplikasi Google Classroom. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Google Classroom adalah media daring yang baik untuk mendukung pembelajaran luring.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

malcom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science is a scientific journal published by the Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI) in collaboration with several Universities throughout Riau and Indonesia. MALCOM will be published 2 (two) times a year, April and October, each ...