Journal Of Digital Communication Science
Vol. 1 No. 1 (2023): Journal of Digital Communication Science

IDENTITAS VIRTUAL HISQIE FURQONI DALAM YOUTUBE “GAK PENTING SIH CHANNEL”

Achwan Noorlistyo Adi (Universitas Bisnis Indonesia)
Faizal Reza (Universitas Bisnis Indonesia)
Yanuar Ilham (Universitas Bisnis Indonesia)
Nugraha Sugiarta (Universitas Bisnis Indonesia)
Anggita Lestari (Universitas Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2023

Abstract

YouTuber diartikan sebagai seseorang atau sekelompok orang yang membuatakun di media YouTube yang kemudian menjadikan akun mereka sebagaisaluran YouTube dengan kategori konten yang beragam seperti komedi,musik, dan lain sebagainya. Dalam menciptakan konten menarik, YouTuberselalu berupaya menghadirkan identitas diri di media YouTube denganberbagai cara. Identitas diri ini kemudian dikenal sebagai identitas virtual.Salah satu yang membuat identitas virtual di YouTube adalah Hisqie Furqonipemilik Gak Penting Sih Channel. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif dengan strategi fenomenologi dengan melakukan depth interviewkepada informan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 6 identitas virtualpseudonymity yang dibuat oleh Hisqie Furqoni dalam channel YouTubenya,yaitu Higot, Hipu, Hial, Hitri, Hilap, dan Hipir. Self image Hisqie sebagaiYouTuber random dan absurd, sedangkan Self Esteem yang terbentuk adalahrasa bangga dan merasa harga dirinya naik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdcs

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Digital Communication Science opens for manuscript that had focus on the following issues: Management Communication Digital Public Relations Mass Media Marketing and Business Communication Cultural Communication Online Media Political Communication Organizational ...