Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 10 No. 2 (2024): Vol 10 No 2 (2024)

Implementasi Metode Otsu dan Momen Hu pada Citra Keris

Maria Sebatubun (Universitas Teknologi Digital Indonesia)
Cosmas Haryawan (Universitas Teknologi Digital Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

UNESCO telah menetapkan keris Indonesia sebagai Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity. Keris memiliki bilah yang terdiri dari pamor, dhapur, dan Tangguh yang merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut nama bentuk dari bilah keris. Dhapur keris ada yang berbentuk lurus dan lengkok (Luk dalam bahasa jawa). Yang berbentuk luk, jumlahnya bermacam-macam, mulai dari luk 3 (tiga) sampai luk 29 (dua puluh Sembilan). Jenis keris berdasarkan dapur yang diakui secara baku sekitar 150 jenis. Namun, bentuk dhapur keris tidak mudah dikenali secara langsung. Selain karena jenisnya yang banyak, bentuk dhapur ini terkadang memiliki karakteristik yang mirip meskipun jenisnya berbeda. Hal ini menyebabkan keris sulit untuk dikenali. Penelitian ini akan melakukan klasifikasi jenis keris berdasarkan dhapur yaitu Parung Sari dan Tilam Sari menggunakan teknik pengolahan citra. Tahap awal yaitu proses cropping citra, kemudian segmentasi menggunakan metode Otsu dan proses morfologi. Setelah itu, proses ekstraksi fitur dilakukan dengan tujuh momen Hu. Hasil ekstraksi fitur ini menjadi masukkan pada algoritma klasifikasi MultiLayer Perceptron (MLP) dengan k-fold cross-validation. Akurasi yang diperoleh yaitu 95% dengan nilai precision 100% dan recall 90%. Dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan mampu membedakan kedua jenis keris dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...