cover
Contact Name
Imam Fahrur Rozi
Contact Email
imam.rozi@polinema.ac.id
Phone
+6285233139738
Journal Mail Official
jip@polinema.ac.id
Editorial Address
Politeknik Negeri Malang Jl. Soekarno Hatta No.9, Jatimulyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65141 Phone: (0341) 404424-404425 Fax: (0341) 404420
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika Polinema (JIP)
ISSN : 26146371     EISSN : 2407070X     DOI : https://doi.org/10.33795/jip
The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer Vision Information Retrieval Machine Learning Information System Internet of Things Computer Security Technology Enhanced Learning Education Technologies Digital Forensic Wireless Sensor UI/UX research JIP (Jurnal Informatika Polinema) publishes comprehensive research articles and invited reviews by leading expert in the field. Papers will be selected that high scientific merit, impart important new knowledge, and are of high interest to computer and information technology.
Articles 431 Documents
Implementasi Topik Pembelajaran Basic Data Storage pada Android Programming Learning Assistance System Yan Watequlis Syaifudin; Devany Christabella Wijaya; Rudy Ariyanto; Nabilah Argyanti Ardyningrum
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.953

Abstract

Saat ini, ponsel pintar berbasis Android telah menjadi pemimpin pasar untuk perangkat seluler. Mengetahui fakta tersebut, kebutuhan akan pengembang aplikasi Android telah meningkat secara signifikan. Banyak sekolah dan perguruan tinggi yang menawarkan pemrograman aplikasi Android menjadi salah satu topik pembelajaran yang wajib diikuti, terutama jurusan Teknologi Informasi. Dalam pengembangan aplikasi Android, pemanfaatan data diperlukan untuk membuat aplikasi yang dinamis dan interaktif. Berdasarkan studi sebelumnya, Android Programming Learning Assistance System (APLAS) telah diterapkan sebagai platform belajar mandiri untuk belajar pemrograman Android secara mandiri. Dalam artikel ini, kami mengimplementasikan topik pembelajaran Basic Data Storage di APLAS sebagai topik pertama di Content Provider (tahap kedua). Topik ini berisi materi pembelajaran arsitektur Model-View-ViewModel (MVVM) dengan Data Binding, pemanfaatan Shared Preferences, dan Internal Storage. Mahasiswa diharuskan mempelajari materi Basic Data Storage yang tersedia pada web APLAS, kemudian mengerjakan penugasan yang tersedia pada materi, yaitu mengembangkan aplikasi MyLibrary. Jawaban berbentuk source code dari mahasiswa kemudian divalidasi lewat web APLAS dan diserahkan kepada guru untuk laporan. Hasil pengujian dan evaluasi melalui 50 mahasiswa dari jurusan Teknologi Informasi dari seluruh Indonesia menunjukkan bahwa semua mahasiswa telah menyelesaikan semua tugas dengan sukses. Melalui komentar positif yang disampaikan oleh mahasiswa, topik ini terbukti efektif untuk mendukung pembelajaran pemrograman Android, terutama dalam topik Basic Data Storage.
PEMBUATAN SISTEM PREDIKSI PERSEDIAAN BARANG PADA TOKO NABILA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED MOVING AVERAGE DAN REORDER POINT Nafa Nabila El Indri; Henni Endah Wahanani
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1016

Abstract

Toko Nabila merupakan sebuah toko yang bergerak dibidang penjualan baik helm, alat tulis kantor (ATK), maupun perabot rumah tangga. Proses pengelolaan persediaan barang di Toko Nabila baik pemeriksaan maupun pencatatan masih dilakukan secara manual sehingga kurang efektif dan efisien juga beresiko terjadi catatan hilang atau rusak. Terdapat banyak jenis barang di Toko Nabila. Hal ini tentu sangat menyulitkan pemilik toko dalam memperkirakan jumlah kebutuhan dari setiap jenis barang yang harus dipesan. Permasalahan yang terjadi di Toko Nabila adalah kesulitan dalam menentukan jumlah barang yang harus tersedia untuk bulan berikutnya agar tetap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan tidak menyebabkan penumpukan barang dalam jangka waktu yang lama. Pada penelitian pembuatan sistem prediksi persediaan barang ini menggunakan metode weighted moving average untuk memperoleh informasi mengenai prediksi persediaan barang pada periode mendatang dan reorder point untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemesanan persediaan barang kembali di Toko Nabila. Pembuatan sistem prediksi persediaan barang berbasis web dibutuhkan untuk menjawab permasalahan yang terdapat di Toko Nabila. Pengujian hasil akurasi prediksi sistem pada penelitian ini menggunakan MAD, MSE, dan MAPE. Nilai rata-rata MAD, MSE, dan MAPE untuk 10 data prediksi persediaan barang adalah 7,44, 77,99, dan 31,90.
PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI INFORMASI DAN NAVIGASI DI UNIVERSITAS PGRI KANJURUHAN MALANG BERBASIS ANDROID Heni Dwi Nurazizah; Danang Aditya Nugraha; Alexius Endy Budiant
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1135

Abstract

Penelitian ini membahas hasil penelitian Perancangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Informasi Dan Navigasi di Universitas PGRI Kanjuruhan Berbasis Android. Banyak yang belum mengetahui dimana persis letak Ruangan dan Gedung di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang dan tujuan dari peneliti membuat Aplikasi Android Sebagai Informasi Dan Navigasi di Universitas PGRI Kanjuruhan menggunakan teknologi Augmented Reality, hasil pengujian blackbox dan hasil penilaian System Usabillity Scale (SUS) pada aplikasi. Pada model penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau dapat disebut dengan Research and Development atau R&D. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah Research and Development atau R&D. Produk diciptakan oleh peneliti dari penelitian pengembangan ini merupakan produk yang berupa Aplikasi Augmented Reality Sebagai Informasi Dan Navigasi di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang Berbasis Android. Hasil pengujian menggunakan Blackbox Testing mampu bekerja dengan baik. Hasil penilaian System Usability Scale (SUS) membuktikan bahwa 81.27% dari 51 responden termasuk dalam kategori Acceptable dan mendapatkan grade A atau excellent.
Analisis Seleksi Fitur Binary PSO Pada Klasifikasi Kanker Berdasarkan Data Microarray Menggunakan DWKNN Yanche Kurniawan Mangalik; Triando Hamonangan Saragih; Dodon Turianto Nugrahadi; Muliadi Muliadi; Muhammad Itqan Mazdadi
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1128

Abstract

Salah satu penyakit mematikan penyebab kematian terbesar secara global adalah kanker. Kematian akibat kanker dapat diredam melalui deteksi dini terhadap kanker dengan memanfaatkan teknologi microarray. Namun teknologi ini memiliki kekurangan, yaitu jumlah gen (fitur) yang terlalu banyak. Kekurangan tersebut dapat diatasi dengan melakukan seleksi fitur terhadap data microarray. Salah satu algoritma seleksi fitur yang dapat digunakan adalah Binary Particle Swarm Optimizationi (BPSO). Pada penelitian ini, dilakukan seleksi fitur dengan BPSO pada data microarray dan klasifikasi menggunakan Distance Weighted KNN (DWKNN). Kemudian akan dilihat perbandingan hasil akurasi, presisi, recall, dan f1-score antara DWKNN dan BPSO-DWKNN. Seleksi fitur dan klasifikasi (BPSO-DWKNN) pada dataset Leukemia menghasilkan akurasi, presisi, recall, dan f1-score tertinggi beturut-turut sebesar 93,12%, 94,39%, 95,92%, dan 94,8%. Pada dataset Lung Cancer diperoleh akurasi, presisi, recall, dan f1-score tertinggi beturut-turut sebesar 98,36%, 98,77%, 99,35%, dan 99,03%. Pada dataset Prostate Cancer diperoleh akurasi, presisi, recall, dan f1-score tertinggi beturut-turut sebesar 86,81%, 89,13%, 88,04%, dan 88,07%. Pada dataset Diffuse Large B-Cell Lymphome diperoleh akurasi, presisi, recall, dan f1-score tertinggi beturut-turut sebesar 85,8%, 93,21%, 88,1%, dan 89,76%. Hasil perbandingan menunjukkan peningkatan akurasi, presisi, recall, dan f1-score pada algoritma DWKNN dengan seleksi fitur BPSO dibandingkan dengan algoritma DWKNN tanpa seleksi fitur BPSO.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TEMPAT PEMBELIAN ALBUM KPOP MENGGUNAKAN MOORA Amellia Kurniaty; Ekojono; Erfan Rohadi
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1157

Abstract

Indonesia menjadi negara yang memiliki penggemar K-pop terbanyak ke-5 menurut Google Trends, menjadi bukti bahwa banyak masyarakat Indonesia menyukai musik K-pop. Namun masih banyak penggemar K-pop Indonesia mengalami penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Penggemar K-pop juga masih banyak yang membeli album di beberapa platform tidak resmi sehingga tidak terjamin kualitas, keaslian dan kelengkapannya. Hal tersebut membuat penggemar K-pop kesulitan untuk menemukan platform tempat pembelian album K-pop yang terpercaya. Berdasarkan dari permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat membantu menentukan platform resmi untuk membeli Album bagi penggemar K-pop. Metode yang digunakan yakni metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (MOORA) dikarenakan kriteria yang dibutuhkan terdapat beberapa kriteria yang bertentangan. Hasil yang didapatkan dengan menggunakan metode ini yakni seluruh sistem berjalan dengan fungsinya dan proses perhitungan menggunakan metode mendapat hasil yang sesuai. Hasil Pengujian dengan membandingkan perhitungan secara manual dengan sistem menggunakan Confusion Matrix mendapatkan hasil akurasi sebesar 100%, kemudian pengujian kepada responden mendapat hasil akhir rata rata kepuasan sebesar 90.09%, hal tersebut dapat disimpulkan bahwa sistem ini dapat memenuhi kebutuhan dan dapat membantu oleh penggemar K-pop dalam memilih tempat pembelian album.
Performance Testing Sistem Ujian Online Menggunakan Jmeter Pada Lingkungan Virtual Ade Ismail; Ahmadi Yuli Ananta; Sofyan Noor Arief; Elok Nur Hamdana
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1190

Abstract

Performance testing adalah proses pengujian perangkat lunak yang digunakan untuk menguji kecepatan, waktu respons, stabilitas, keandalan, skalabilitas, dan penggunaan resource perangkat lunak dibawah beban kerja tertentu. Penelitian ini membantu menentukan bagaimana respons perangkat lunak ketika beberapa user mengakses sistem secara bersamaan. Pengujian menggunakan load testing yang mensimulasikan beban pengguna yang sebenarnya pada perangkat lunak. Pengujian bertujuan mencari tau berapa banyak user yang dapat ditangani oleh sistem dalam konfigurasi tertentu. Perangkat lunak ujian online yang digunakan adalah TCExam yang merupakan sistem ujian online berbasis komputer yang banyak digunakan oleh institusi pendidikan. Dalam pengujian ini target user yang harus bisa ditangani oleh perangkat lunak sebanyak 1000 user dan dilakukan pembatasan spesifikasi server. Virtualisasi memudahkan dalam melakukan pengaturan spesifikasi server berdasarkan kebutuhan pengujian. Hasil pengujian performance testing menggunakan Apache Jmeter menunjukan bahwa dengan spesifikasi paling tinggi saja masih terdapat error dalam load testing sehingga target 1000 user belum dapat terpenuhi.
Development of Abdullah Permata Jingga Mosque Website Interface with User Centered Design Method Anugrah Nur Rahmanto; Irsyad Arif Mashudi; Salsabila Firdausy
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1204

Abstract

Indonesia as a country with the largest Muslim population in the world, is inseparable from the existence of mosques. The mosque, as a place of worship for Muslims, should function properly, therefore the surrounding environment can benefit from it. Currently, mosques are starting to use website as a representation that describes the characteristics of mosques as well as a source of information for worshippers and the general public. One of the mosques initiated implementing the website is the Abdullah Permata Jingga Mosque. However, in the use of the Abdullah Permata Jingga Mosque website, it found a problem with the interface that had an impact in the form of information conveyed was very limited to be accessed by its users. Based on these problems, an analysis and development of the website interface was carried out with aims to design an interface that can meet user needs. The method used to process data is with a User Centered Design approach. In testing the usability of the frontend interface solution design of the Abdullah Permata Jingga Mosque website, it was carried out using the heuristic evaluation method. Heuristics are evaluate 10 aspects of the principle of usability in the user interface. The results of the evaluation obtained 8 aspects of the principle with the category of "Very High" usability results. These results show that the user interface design solution of the Abdullah Permata Jingga Mosque is in accordance with user needs.
ADOPSI REPETITIF COVERTEXT PADA MEODEL ENKRIPSI PDAC Hari Murti; Edy Supriyanto; Rara Redjeki; Eka Ardhianto
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 1 (2022): Vol 9 No 1 (2022)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i1.1152

Abstract

Perkembangan internet memberikan dampak kemudahan dalam melakukan komunikasi dan pertukaran informasi. Meskipun demikian, informasi yang dikirimkan melalui internet memiliki kecenderungan terbuka untuk banyak pihak. Permasalahan confidentiality informasi yang berkaitan dengan kerahasiaan informasi, menjadi nilai kritis dalam mengamankan informasi bagi entitas terbatas. Teknik kriptografi dan steganografi berperan penting dalam pengamanan informasi. Gabungan keduanya memberikan tingkat keamanan informasi yang lebih kuat dan sulit dipecahkan. Model enkripsi Parallel Encryption with Digit Arithmetic of Covertext (PDAC) mengadopsi teknik kriptografi dan teknik steganografi dalam pengamanan pesan. PDAC merupakan model enkripsi dengan berbasis XOR. Pengamanan informasi menggunakan teknik enkripsi perlu memperhatikan aturan aturan yang terdapat dalam algoritma yang digunakan. Seperti halnya dalam penggunaan PDAC sebagai algoritma enkripsi, juga memerlukan kesesuaian pada proses pemilihan coverteksnya. Ketepatan jumlah covertext dalam PDAC mempengaruhi berjalan atau tidaknya PDAC dalam mengenkripsi pesan. Jika jumlah pesan sangat panjang maka akan menjadi sulit bagi pengguna dalam menentukan coverteksnya dan jika jumlah covertext PDAC tidak sesuai, maka proses enkripsi akan menjadi tidak sempurna. Penelitian ini bertujuan melakukan pengubahan model dengan menutup celah PDAC. Modifikasi model yang diusulkan mengadopsi penggunaan covertext yang diterapkan secara berulang. Perulangan covertext yang diterapkan dalam PDAC mampu memproses pengamanan informasi secara menyeluruh. Keuntungan lain yang diperoleh ialah modifikasi ini memudahkan pengguna untuk menggunakan PDAC tanpa harus memenuhi kebutuhan minimum covertextnya.
Utilization of Internet of Things for Automatic Plant Watering System Using Soil Moisture Sensor Iqlima Zahari; Bonifacius Vicky; Wildan Mahmud; Ichwan Setiarso; Ivan Putra Gemilang
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1220

Abstract

The rapid development of technology has resulted in an increasing need for the benefits of technology in all aspects of human life. Technology is felt to be very helpful for humans in carrying out a series of daily activities, including the activities of farmers and chili plant business owners. Watering the plants every day makes the plants grow lush and healthy. However, sometimes these activities are neglected due to time constraints or other activities. To overcome this, it is necessary to build a system that can be used to assist automatic watering activities. This research discusses the use of Internet of Things technology to make automatic plant watering control devices using Android and Arduino UNO. The way this tool works is based on the soil moisture value and the testing temperature. The water pump will function when the soil moisture value is on a value scale of 75% with a temperature of 22 degrees Celsius and a water content >= 300 RH. By using soil moisture and temperature detection sensors, this tool will send a command signal to Arduino so that the relay driver is turned on so that the pump can distribute water as needed. From the tests carried out, it can be concluded that the tool made is able to carry out the function of watering plants automatically as expected. The water pump will automatically turn on if the temperature and soil moisture values match the settings in the system.
Implementasi Augmented Reality Pada Aplikasi Pengenalan Objek Wisata Di Kota Ambon Irene Samar
Jurnal Informatika Polinema Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023)
Publisher : UPT P2M State Polytechnic of Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/jip.v9i2.1224

Abstract

Kota Ambon yang dikenal dengan sebutan “Ambon Manise” merupakan salah satu pulau di indonesia yang juga memliki wisata alam yang tidak kalah menarik. Dengan keindahan alam yang ada seharusnya menjadi potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hingga saat ini informasi wisata kota Ambon hanya terdapat pada website ataupun blog. Dibutuhkan inovasi dalam mengenalkan objek wisata yang membantu meningkatkan kunjungan wisatawan dan mampu untuk mengenalkan tempat wisata kota Ambon di setiap kalangan. Hal ini membutuhkan teknologi Augmented Reality yang menggabungkan objek virtual 2D dan/atau 3D dengan lingkungan nyata dan dapat digunakan pada perangkat seluler berbasis android. Aplikasi yang penulis buat berisikan informasi wisata yang mencakup objek, video, lokasi dan puzzle wisata. Objek wisata dikemas dalam bentuk multimedia dengan teknik Augmented Reality metode markerless sehingga terlihat lebih interaktif dan dapat digunakan sebagai sarana pengenalan objek wisata di kota Ambon pada masyarakat. Hasil dari aplikasi ini adalah aplikasi Augmented Reality menggunakan metode markerless yang mampu menampilkan objek wisata 3D tanpa menggunakan marker khusus pada perangkat android. Metode markerless ini dapat mendeteksi objek dengan rentang jarak minimal 10 cm dan jarak maksimal 100 cm dan berdasarkan pengujian menggunakan kuesioner, dari 22 responden sebanyak 89,77% menyatakan aplikasi berdampak besar dalam mengenalkan wisata Ambon.

Page 1 of 44 | Total Record : 431


Filter by Year

2014 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2024): Vol 10 No 2 (2024) Vol. 10 No. 1 (2023): Vol 10 No 1 (2023) Vol. 9 No. 4 (2023): Vol. 9 No. 4 (2023) Vol. 9 No. 3 (2023): Vol 9 No 3 (2023) Vol. 9 No. 2 (2023): Vol 9 No 2 (2023) Vol. 9 No. 1 (2022): Vol 9 No 1 (2022) Vol. 8 No. 4 (2022): Vol 8 No 4 (2022) Vol. 8 No. 3 (2022): Vol 8 No 3 (2022) Vol. 8 No. 2 (2022): Vol 8 No 2 (2022) Vol. 8 No. 1 (2021): Vol 8 No 1 (2021) Vol. 7 No. 4 (2021): Vol 7 No 4 (2021) Vol. 7 No. 3 (2021): Vol 7 No 3 (2021) Vol. 7 No. 2 (2021): Vol 7 No 2 (2021) Vol. 7 No. 1 (2020): Vol 7 No 1 (2020) Vol. 6 No. 4 (2020): Vol 6 No 4 (2020) Vol. 6 No. 3 (2020): Vol 6 No 3 (2020) Vol. 6 No. 2 (2020): Vol 6 No 2 (2020) Vol. 6 No. 1 (2019): Vol 6 No 1 (2019) Vol. 5 No. 4 (2019): Vol 5 No 4 (2019) Vol. 5 No. 3 (2019): Vol 5 No 3 (2019) Vol. 5 No. 2 (2019): Vol 5 No 2 (2019) Vol. 5 No. 1 (2018): Vol 5 No 1 (2018) Vol. 4 No. 4 (2018): Vol 4 No 4 (2018) Vol. 4 No. 3 (2018): Vol 4 No 3 (2018) Vol. 4 No. 2 (2018): Vol 4 No 2 (2018) Vol. 4 No. 1 (2017): Vol 4 No 1 (2017) Vol. 3 No. 4 (2017): Vol 3 No 4 (2017) Vol. 3 No. 3 (2017): Vol 3 No 3 (2017) Vol. 3 No. 2 (2017): Vol 3 No 2 (2017) Vol. 3 No. 1 (2016): Vol 3 No 1 (2016) Vol. 2 No. 4 (2016): Vol 2 No 4 (2016) Vol. 2 No. 3 (2016): Vol 2 No 3 (2016) Vol. 2 No. 2 (2016): Vol 2 No 2 (2016) Vol. 2 No. 1 (2015): Vol 2 No 1 (2015) Vol. 1 No. 4 (2015): Vol 1 No 4 (2015) Vol. 1 No. 3 (2015): Vol 1 No 3 (2015) Vol. 1 No. 2 (2015): Vol 1 No 2 (2015) Vol. 1 No. 1 (2014): Vol 1 No 1 (2014) More Issue