Jurnal Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2024)

SEJARAH GERAKAN PRAMUKA

Nadia Salsabila Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Nadilla Indriani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Dinda Adila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Dalam upaya merekonstruksi peristiwa masa lampau yang terjadi sekali pada kehidupan manusia dan menganalisis pengaruhnya pada Pendidikan Islam, dalam hal ini kehidupan seorang tokoh dan peranannya dalam kehidupan masyarakat serta mengetahui pengaruh yang dihasilkan dalam dunia pendidikan Islam. Maka penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah, metode sejarah dan analisis deskriptif kualitatif terhadap obyek pembahasan dengan memanfaatkan sumber-sumber referensi tentang tema terkait dan menggunakan metode library research. Dengan menggunakan pendekatan ini, peneliti dapat mengungkap fakta sejarah tentang peranan Sri Sultan Hamengkubuwono IX dalam pembentukan Gerakan Pramuka tahun 1960-1961 M dan pengaruh yang dihasilkan dalam dunia Pendidikan Islam. Penelitian sejarah dan analisis ini dimaksudkan untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif, dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi serta mensintesiskan bukti-bukti untuk mendukung fakta dalam memperoleh kesimpulan yang kuat serta menganalisis literatur. Peneliti menggali dan mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Sri Sultan Hamengkubuwono IX mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembentukan serta pengembangan gerakan pramuka sehingga beliau dipercaya menjabat sebagai ketua Kwartir Gerakan Pramuka dan dinobatkan sebagai BAPAK pramuka karena jasa serta pemikirannya terhadap Gerakan Pramuka. 2. Gerakan Pramuka memiliki pengaruh yang positif dalam dunia Pendidikan Islam, terutama pada pembentukan akhlak

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alittihadu

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Al Ittihadu adalah jurnal akses terbuka double-blind, peer-review, di Zona Pendidikan Islam. Jurnal Al Ittihadu dimaksudkan untuk menyediakan forum akademik bagi para peneliti yang tertarik untuk membahas isu-isu saat ini dan masa depan tentang pendidikan Islam. Fokus pada pemberian ...